blank
Jamaah Mushala At Thohiriyah Desa Kawedusan,Kebumen, bersiap menyaksikan pemotongan hewan kurban, Minggu 11/8. (Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Warga muslim Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, pada Idul Adha 1440 H ini memiliki kesadaran berkurban cukup tinggi.  Jamaah dua masjid dan satu mushala Desa Kawedusan itu bisa memotong 12 ekor sapi dan 33 ekor kambing.

Perinciannya, jamaah Masjid Rhoudlotul Huda di Kawedusan RW 01 memotong 5 ekor sapi dan 12 kambing. Sedangkan warga jamaah Masjid Nurul Iman RW  02 Kawedusan Blok Utara memotong enam ekor sapi dan 11 ekor kambing. Untuk jamaah Musala At Thohiriyah RT 4  RW 01  di  Kawedusan Tengah memotong seekor sapi dan 10 ekor kambing.

Kades Kawedusan Kecamatan Kebumen Muhajir bersyukur atas tingginya kesadaran warga dalam berkurban. Di sisi lain juga membuktikan kesejahteraan masyarakat makin meningkat. Ia berharap melalui pemotongan hewan kurban panitia atau takmir masjid dan mushala bisa membagikan ke segenap warga secara merata. Utamanya bagi warga yang kurang mampu agar bisa menikmati daging dan merasakan kebahagaian di hari raya.

Takmir Masjid Rhoudloul Huda H Sigit Purwanto mengungkapkan, rata-rata untuk rombongan kurban seekor sapi dipikul tujuh orang. Tiap warga iuran atau membayar kurban senilai Rp 3 juta ditambah biaya memotong dan selamatan. Setelah daging dipotong oleh jagal dan dicacah warga, selanjutnya didistribusikan oleh panitia kepada seluruh warga RW 01. Pemotongan hewan kurban didahului membaca Tahlil diserambi masjid usai Salat Idul Adha.

Sedangkan Pengasuh Mushala At Thohiriyah Kawedusan Drs H Najib SH mengemukakan, pada tahun ini jamaah mushala yang berkurban lumayan banyak. Tujuh orang rombongan ikut kurban sapi  seharga sekitar Rp 22 juta. Sedangkan 10 warga kurban kambing. Sebelum memotong hewan kurban, jamaah Mushala At Thohiriyah juga membaca Doa Tahlil bersama di musala. Selain dihadiri Kades Kawedusan Muhajir, Tahlil dan penyembelihan kurban juga disaksikan tokoh masyarakat, antara lain Drs H Sugiarto MBA,  Drs Asep Nurdiana MSi, H Mulyadi SH dan dr H Suprayitno.

Sementara jamaah Lembaga Dakwah Islamiyah Indonesia (LDII) Kabupaten Kebumen pada Idul Adha 1440 H ini memotong tiga ekor sapi. Pemotongan hewan kurban dipusatkan di Kantor Sekretariat  LDII Gang Kerkop, Mertokondo. Menurut pengurus LDII Sabdono, sehabis menunaikan salat Ied, segenap jamaah dikerahkan memotong dan mencacah daging kurban sehingga pendistribusiannya ke masyarakat bisa dilakukan lebih awal.

Suarabaru.id/Komper Wardopo.