blank
Komandan Kodim 0705/Magelang, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono  menjalani tes urine yang dilakukan tim kesehatan Rumah Sakit  Tentara ( RST) dr Soedjono Magelang. Suarabaru.id/Yon

MAGELANG–  Sebanyak 50 anggota Kodim 0705/Magelang termasuk Komandan Kodim Letkol Arm Kukuh Dwi Antono secara acak dites urine oleh tim kesehatan dari Rumah Sakit  Tentara ( RST) dr Soedjono Magelang.

Dari 50 personel tersebut tidak hanya  anggota berpangkat tamtama, bintara, perwira dan PNS, melainkan juga  Komandan Kodim 0705/Magelang, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono. “Dari hasil pemeriksaan  tes urine tidak ditemukan adanya indikasi pemakaian narkoba dan dinyatakan seluruhnya dinyatakan negatif,” Komandan Kodim 0705/Magelang, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, di sela-sela kegiatan tersebut, Senin ( 5/8).

Kukuh mengatakan, pelaksanaan tes urine secara rutin  tiap tiga bulan sekali tersebut, juga untuk mencegah  seluruh anggota Kodim 0705/Magelang  terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Menurutnya, pemeriksaan urine para anggota  Kodim 0705/ Magelang tersebut merupakan realisasi dari perintah pimpinan TNI  yang menegaskan, Indonesia darurat narkoba.

“TNI Angkatan Darat sudah menyatakan perang terhadap narkoba. Dan, bagi personel yang terbukti menyalahgunakan narkoba, sanksinya cukup berat. Yakni, bisa diberhentikan tidak dengan hornat dari dinas kemiliteran,” katanya didampingi Perwira Seksi(Pasi) Intel Kodim 0705/Magelang, Kapten Chb Yudhi Setiawan.

Ia menegaskan, bagi personel yang terbukti mengkonsumsi narkoba, sanksinya cukup berat. Yakni, pemberhentian tidak dengan hornat dari dinas kemiliteran (pemecatan).

Pasi Intel Kodim 0705/Magelang, Kapten Chb Yudhi Setiawan menambahkan,  pelaksanaan tes urine  tersebut , merupakan rangkaian dari kegiatan sosialisasi dan penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan III Tahun 2019.

Menurutnya,  untuk mengurangi ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat, diperlukan kepedulian dari seluruh instansi pemerintah  dengan mendorong satgas di instansi pemerintah menjadi pelaku P4GN secara mandiri.

Ia menambahkan, penyalahgunaan narkoba tidak hanya pada masyarakat biasa, melainkan semua instansi bisa terkena, termasuk para anggota TNI.Namun, dari 50 anggota Kodim 0705/Magelang yang dites urine, semuanya negatif. Suarabaru.id/Yon