Reformasi Birokrasi Bukan Sekedar Slogan
(ist./hms)

SEMARANG – Reformasi birokrasi bukanlah slogan semata. Reformasi birokrasi harus dibuktikan dengan tegaknya integritas, kedisiplinan, dan kesiapan aparatur sipil negara (ASN) untuk berinovasi demi memberikan pelayanan prima bagi publik.

Hal tersebut seperti yang dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono saat membacakan sambutan Gubernur Jateng dalam acara Silaturahmi dan Halalbihalal Keluarga Besar Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Jawa Tengah, di Hotel Patra Jasa, Sabtu (29/6).

“Di lingkungan birokrasi, integritas dan kejujuran pegawai terus ditingkatkan. Moral dan mental terus diperbaiki agar reformasi birokrasi bukan sekedar slogan belaka akan tetapi merupakan aksi nyata yang mampu membawa perubahan di birokrasi menjadi lebih baik,” katanya

Dalam kegiatan yang mengangkat tema “Tetap Bersama Mbangun Jawa Tengah”, Sri Puryono menegaskan, alumnus Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan harus dapat menjadi contoh abdi negara yang baik. Yaitu birokrat-birokrat yang profesional, memiliki integritas, disiplin, adaptif terhadap lingkungan, kreatif, inovatif dan mampu menjadi bagian dari solusi atas persoalan pembangunan.

“Sebagai alumnus, kita tetap harus mengemban trisatya, yaitu setia kepada perguruan tinggi, para guru, dan sesama. Berikan kontribusi terbaik dengan bekerja secara baik di manapun kita mengemban amanah,” pesannya.

Penasehat IKAPTK Jateng itu membeberkan, tantangan pembangunan yang dihadapi oleh Pemprov Jateng mendatang semakin berat, khususnya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun Sri Puryono optimistis, dengan semangat untuk bergerak sinergi, tantangan tersebut dapat dihadapi dengan baik.

“Insya Allah dengan kebersamaan yang terus kita kembangkan, disertai kerja keras dan kerja cerdas, tantangan itu bisa dihadapi dengan baik. Halalbihalal ini merupakan momentum bagi kita untuk memantapkan kinerja bersama dalam rangka memantapkan kebersamaan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing,” jelasnya.

Senada dengan Sri Puryono, Ketua DPP IKAPTK Jawa Tengah Budi Wibowo menandaskan, integritas dan solidaritas sesama anggota mesti terus dijaga.

“Dua hal ini harus kita pegang terus. Artinya di manapun kita berada kita harus terus menegakkan integritas dan solidaritas atau kekompakan kita,” tandasnya.(suarabaru.id)