Bagikan
Virgil van Dijk/dok

LIVERPOOL – Pindah ke Liverpool terbukti merupakan pilihan brilian bagi bek tengah Virgil van Dijk. Pemain belakang 27 tahun itu sukses memenangi penghargaan Pemain Terbaik PFA 2019. Van Dijk mengungguli winger Manchester City Raheem Sterling. Upacara penghargaan Pemain Terbaik PFA 2019 akan digelar di London pada 28 April.

Van Dijk dibeli The Reds dari Southampton pada Januari 2018 dengan banderol 75 juta pound (sekitar Rp 1,3 triliun). Saat ini eks defender Celtic itu masih menyandang sebagai bek termahal di dunia. Dalam pemilihan Pemain Terbaik PFA, Van Dijk mengungguli Sterling. Ada empat pemain lain yang masuk nomine, yakni Sadio Mane (Liverpool), Sergio Aguero, dan Bernardo Silva (Manchester City), serta Eden Hazard (Chelsea).

Van Dijk merupakan salah satu kunci sukses Si Merah sehingga bisa bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris dan Liga Champions musim 2018-2019. Dalam komandonya, Anfield Gank cuma kebobolan 20 gol dalam 35 pertandingan Premier League, jumlah kemasukan paling sedikit. Manajer Juergen Klopp mengaku bangga dengan pencapaian pemain berkebangsaan Belanda ini. Sejak awal dia yakin Van Dijk mampu memperkuat lini belakang timnya.

Pada pemilihan Team of The Year versi PFA, empat pemain Liverpool masuk daftar. Di samping Van Dijk, ada Mane, Andrew Robertson, dan Trent Alexander-Arnold. City menempatkan enam pemain, Aguero, Sterling, Fernandinho, Bernardo, Aymeric Laporte, dan Ederson Moraes. Satu-satunya pemain dalam daftar ini yang bukan dari Liverpool atau The Citizens adalah Paul Pogba (Manchester United).

Menurut Klopp, skuadnya adalah tim terbaik musim ini karena tampil luar biasa sampai titik ini. Si Merah bersaing ketat dalam perburuan juara bersama The Citizens. “Bisa saja ada empat, lima, enam, atau tujuh pemain lagi yang masuk. Mereka memainkan musim yang luar biasa dalam banyak sekali momen,” ungkap Klopp. Pelatih asal Jerman itu juga memuji performa penyerang Mohamed Salah dan gelandang Georginio Wijnaldum. Salah adalah Pemain Terbaik PFA musim lalu. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here