Bagikan
Sekretaris Kesbangpolinmas Kota Salatiga Siti Sholekah saat menyampaikan kepada wartawan terkait bantuan Kesbangpolinmas menyukseskan Pemilu, di Kantor Sekda Kota Salatiga, Jumat (12/4). Foto : Ernawaty

SALATIGA – Sekretaris Kesbangpolinmas Kota Salatiga Siti Sholekah mengungkapkan, Kesbangpolinmas membantu KPU dalam hal membackup anggaran pengadaan materai.  Langkah ini dilakukan Kesbangpolinmas Kota Salatiga sebagai dukungan, bantuan serta fasilitas yang diberikan kepada KPU Kota Salatiga guna menyukseskan peyelenggaraan Pemilu yang dalam hitungan hari ke depan.

Siti mendaskan, bantuan Kesbangpolinmas juga sebuah inisiatif sekaligus terobosan Pemkot Salatiga. “KPU Kota Salatiga pernah berkeluh kesah terkait anggaran materai serta tes kesehatan bagi penyelenggara Pemilu,” kata Siti Sholekah kepada wartawan, di Kantor Sekda Kota Salatiga, Jumat (12/5).

Dengan dasar UU Pemilu No 7 Tahun 2017, akhirnya Kesbangpolinmas membantu KPU Kota Salatiga dalam upaya membantu menyukseskan Pemilu 2019. “Anggaran penyediaan materai ini bersumber APBD Kota Salatiga. Dan memang ini dibiayai oleh Pemda melalui Kesbangpol. Kami telah menyediakan materai yang digunakan sebagi surat pernyataan bebas tindak pidana bagi syarat seorang KPPS,” ujarnya.

Sekretaris Kesbangpolinmas Kota Salatiga Siti Sholekah

Ia menjelaskan materi yang telah digunakan yakni untuk masing-masing TPS saat Pemilu 2019 mendatang. “Materai untuk surat pernyataan bebas tindak pidana. Untuk masing-masing KPPPS yakni 7 orang x 614 x Rp 6000 dengan total Rp 25.788.000,” ujarnya.

Selain itu, ada juga untuk pembiayaan lain yakni tes kesehatan. Ada pun, untuk tes kesehatan yakni bagi KPPS yakni 614 TPS x 7 orang x materai Rp 6000 total Rp 30.086.000. “Dan untuk tenaga pengawas Bawaslu di TPS yakni 614 TPS x 7000 total Rp 4.298.000,” bebernya.

Suarabaru.id/Erna

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here