Bagikan
FOTO BERSAMA: Cosplayer jadi sasaran untuk objek foto dan foto bersama

JAKARTA – Seperti di dunia antah berantah. Para cosplayer dengan dandanan komikal berseliweran. Mereka adalah bagian dari partisipan dalam acara Comic Frontier 2019 disingkat menjadi Comifuro 2019, yang diselenggarakan Sabtu/Minggu 23/24 Februari 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Ini merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012.  Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comifuro telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator komik dalam satu event.

Tak hanya diisi oleh mereka yang menyukai anime, manga dan berbagai hal jejepangan lainnya, acara ini juga mulai diramaikan oleh para kreator yang menyajikan berbagai pernik pop kultur lainnya, seperti komik barat, fandom K-Pop, komik Indonesia, hingga berbagai karya indie original lainnya yang tak kalah menarik.

Comifuro tak hanya menghadirkan comic market ke masyarakat, namun juga menghadirkan sejumlah content creator terkenal dalam acara tersebut. Misalnya, pada Comifuro tahun lalu, mereka mengundang sejumlah artist seperti Inan (Komik MS Paint) serta Excel Coananda (Risa Comics).

Selain menjadi acara pasar kreator, acara Comifuro juga turut menghadirkan para kreator konten pop kultur terkemuka di Indonesia untuk membagikan pengalamannya kepada para pengunjung yang datang ke acara ini. Acara ini  juga sempat mengadakan sesi bersama pihak penerbit dan majalah komik di Indonesia untuk para kreator yang ingin mencoba terjun ke dunia industri kreatif secara profesional.

Ajang yang mewadahi semaraknya kreasi komik dan animasi karya kreator dalam negeri ini berlanjut meriah. Pada acara yang ke-12 ini ada sekitar 500 insan kreatif yang telah tergabung. Hadirnya ratusan insan kreatif ini semakin menambah semarak kreativitas yang ada di acara tersebut.

suarabaru.id/BG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here