blank
Kapolres AKBP Robertho Pardede dan Wabup Wonogiri Edy Santosa (kesatu dan kedua dari kiri) bersama jajaran Forkompinda dan Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti (kanan), mendeklarasikan dukungan terhadap program nasional TSM di Tanah Air.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Dwi Erna Rustanti bersama jajaran Polres Wonogiri, Jumat (21/9), tampil mempelopori kampanye dan deklarasi mendukung program nasional Transportasi Sehat Masyarakat (TSM). Ini dilakukan bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Wonogiri, para kepala dinas dan instansi terkait, anggota TNI dan Polri, Kepala Sekolah (Kasek), guru, aparatur pemerintah, pelajar dan masyarakat.
Kegiatan yang mengambil tema ”Siap mendukung dan menyukseskan TSM” i
ni, ditandai dengan mengendarai sepeda pancal beramai-ramai start dari Pendapa Kabupaten Wonogiri, dan finish di SMK Negeri 2 Wonogiri yang terletak di Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri. Menempuh jarak sekitar 5 Kilometer dengan melewati Jalan Pemuda dan sepanjang Jalan Diponegoro.
Ikut hadir dalam acara ini, Bupati Wonogiri yang diwakili Wakil Bupati Edy Santosa, Kapolres AKBP Robertho Pardede, Dandim 0728 Letkol (Inf) M Heri Amrulloh bersama jajaran Forkompinda, Wakapolres Kompok A Aidil Fitrisyah, Asisten Sekda Edi Sutopo dan Bambang Haryadi, Kepala Dishub Ismiyatno, Kepala Satpol-PP Waluyo, Kasek SMK Negeri 2 Suwandi dan undangan lainnya. ”Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pada sekolah kami yang dipercaya menjadi tempat deklrasi program TSM,” tandas Kasek SMK Negeri 2 Suwandi, sembari menambahkan bahwa di SMK Negeri 2 Wonogiri memiliki komunitas penggemar sepeda ontel yang jumlah anggotanya banyak.
Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede, menyatakan, kegiatan ini merupakan program nasional dari Korlantas Mabes Polri, yang mengacu pada negara berkembang, sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan lalu intas dan polusi di jalan. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi dan ajakan bila bepergian, bersekolah atau ke kantor, dapat dilakukan dengan bersepeda maupun jalan kaki. Kegiatan ini, juga menjadi bentuk untuk mengapresiasi terhadap Panca Program Bupati Wonogiri, yang salah satu programnya adalah pembangunan infrastruktur jalan dengan slogan ‘Alus dalane’ (halus jalannya).
SMK Negeri 2 Wonogiri dipilih untuk ajang deklarasi, karena dari keseluruhan SMK yang ada di Kabupaten Wonogiri, jumlah terbesar pemakai sepeda adalah SMK Negeri  2 Wonogiri. Bahkan di SMK Negeri 2 Wonogiri, juga telah sudah terbentuk organisasi paguyuban komunitas pecinta sepeda ontel. Ikut memberikan sambutan, Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri Edy Santosa, yang merasa bangga dengan program kepolisian dalam mengkampanyekan bersepeda sebagai upaya mewujudkan program TSM. Lebih bangga lagi, terhadap SMK Negeri 2 Wonogiri, yang banyak memakai sepeda angin untuk alat transportasi ke sekolah. Semoga, kegiatan ini tidak terhenti pada seremoni hari ini saja, tapi dapat diaplikasikan sebagai bagian dari kegiatan harian. ”Agar dampaknya tidak hanya mengurangi polusi dan kepadapatan kendaraan bermotor di jalan, tapi menjadikan diri kita lebih sehat,” tegas Wabup Edy Santosa.(suarabaru.id/bp)