Ilustrasi kudapan berbahan dasar durian. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Durian merupakan buah yang banyak dijumpai daerah tropis khususnya Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam jenis durian dengan bentuk dan rasa yang beragam.

Durian meraih gelar raja buah oleh masyarakat dunia, yakni rasa, aroma, dan bentuk yang unik, manfaat durian, hingga tingkat permintaan yang tinggi.

Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi anda.

Meski memiliki bau menyengat yang tidak semua orang suka, durian masih menjadi primadona karena dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Biasanya, durian diolah menjadi berbagai macam kudapan yang mengedepankan cita rasa durian sebagai rasa yang dominan.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba olahan durian, mungkin beberapa kudapan ini bisa untuk anda cicipi. Dilansir dari Suara.com, berikut adalah 3 kudapan berbahan dasar durian yang wajib untuk anda coba.

1. Talam Durian

Talam durian merupakan kudapan berbahan dasar durian yang banyak ditemukan di daerah Riau. Kue talam sendiri merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Untuk talam durian sendiri, merupakan varian dari kue talam yang biasa kita temukan di pasar tradisional. Meski tidak tahan lama, talam durian menjadi salah satu kudapan favorit para pecinta durian khususnya yang pernah berkunjung ke Riau.

2. Ketan Durian

Ketan durian merupakan menu yang cocok bagi anda yang ingin menikmati durian, tapi juga ingin kenyang. Berbahan sederhana seperti ketan, santan, garam, dan buah durian, ketan durian cukup mudah untuk dibuat di rumah. Memadukan rasa ketan yang manis dan gurih, ditambah rasa khas legit buah durian, menjadikan kudapan ini sangat cocok dinikmati di malam hari.

3. Es Durian

Di Indonesia, es durian menjadi salah satu kudapan berbahan durian yang paling populer. Memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, es durian menjadi kudapan yang dapat dinikmati semua kalangan. Dalam membuat es durian, kudapan ini mengolah durian dengan cara yang beragam.

Mulai dari memblender daging buah durian hingga halus kemudian disajikan dengan susu kental manis dan cincau, mencampurkan buah durian ke dalam es teler, hingga menjadikan durian sebagai es krim durian, semua dapat diolah sesuai selera. Yang pasti, rasa khas dari sang raja buah tidak akan hilang.

Itulah 3 kudapan berbahan dasar durian yang wajib untuk anda coba. Dari ketiga kudapan tersebut, mana yang paling ingin anda coba?

Claudia