blank
Basnendar Herry Prilosadoso, menerima anugerah rekor dari MURI, sebagai pencipta desain poster melawan corona terbanyak di dunia.

SOLO (SUARABARU.ID) – Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Pimpinan Jaya Suprana, menganugerahkan rekor MURI kepada Basnendar Herry Prilosadoso, sebagai pencipta desain poster melawan corona terbanyak di dunia.

Pemberian penghargaan rekor MURI bernomor: 9531 kepada Basnendar, dilaksankan dalam upacara secara virtual aplikasi zoom, langsung dengan Direktur MURI Jaya Suprana secara online. Saat penyerahan, Jaya Suprana berada di Jakarta, sedangkan selebrasi secara offline digelar di Pelataran Republik Aeng-Aeng, Nusukan, Solo.

Acara secara offline di Nayu, Nusukan, Solo, diprakarsai oleh Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto, yang juga kakak kandung Basnendar. Dimeriahkan beragam kegiatan, yaitu testimoni dari warga masyarakat, yang sudah menggunakan dan mempublikasikan desain poster ke berbagai media. Kepada mereka, diberikan sertifikat dari  Basnendar H, selaku co founder Komunikotavisual.

Rekor MURI atas nama Basnendar H, itu diciptakan dengan karya membuat 100 desain poster melawan corona dalam tempo 100 hari. Setiap hari, dia ciptakan satu poster. Aksi kreatif ini, dimulai dari Tanggal 25 Maret sampai dengan 3 Juli 2020. Sebagai puncaknya, Jumat (3/7) lalu, ditandai dengan penyerahan anugerah rekor pencipta desain poster melawan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 terbanyak di dunia versi MURI.

blank
Kemeriahan acara luring selebrasi penganugerahan rekor dunia oleh MURI, kepada Basnendar H secara offline, digelar di Pelataran Republik Aeng-Aeng, Nusukan, Solo.

Media Sosial
Desain poster karya Basnendar, diposting tiap satu hari satu poster di media sosial (Medsos), baik di jejaring facebook maupun instagram. Itu dilakukan, sebagai bentuk kepedulian melalui desain poster sebagai media informasi, edukasi, sekaligus pemantik spirit kebersamaan dalam mencegah dan melawan virus Corona.

Basnendar H, yang juga Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual, (DKV) Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia ( ISI) Surakarta, merancang desain poster setiap hari satu. Masing-masing dengan dua format yang berbeda, baik untuk poster standar maupun eposter untuk medsos.

Sebanyak 100 desain poster yang diciptakan, secara visual dan konten berbeda antara satu dengan poster yang lainnya. ”Dengan tema yang beragam, dalam menyikapi dan memotret kondisi masyarakat dengan beragam dampak, yang diakibatkan oleh virus corona,” jelas Basnendar.

Aksi sosial visual ini, diinisiasi oleh Basnendar Herry Prilosadoso melalui Komunikotavisual, yakni lembaga independen yang ia dirikan Bulan April 2018. Bergerak di bidang edukasi kepada masyarakat, melalui media desain komunikasi visual.

blank
Upacara penganugerahan rekor oleh Direktur MURI Jaya Suprana, dilaksanakan secara Daring virtual kepada Basnendar H, sebagai pencipta desain poster melawan corona terbanyak dunia.

Berbagi Informasi
Aksi kreatifnya tersebut, berawal bagian ide dari Project ke 30 (tiga puluh) Komunikotavisual, dimana aksi ini untuk ikut berbagi informasi, dan mendukung pencegahan serta penanggulangan Covid-19, melalui desain poster yang diunggah di medsos agar bisa dilihat secara luas oleh masyarakat.

Kata Basnendar, karya desain poster tersebut diperbolehkan untuk dibagikan dan dipublikasikan, melalui beragam media oleh semua lapisan masyarakat. Dimana respon masyarakat sangat antusias, dengan menggunakan desain poster tersebut, untuk membagikan lagi dan menerapkan di berbagai media lainnya.

blank
Basnendar Herry Prilosadoso, pencipta desain poster melawan corona terbanyak di dunia, berfoto dengan latar belakang sebagian dari 100 desain poster melawan corona yang diciptakan.

Seperti melalui spanduk, baliho, desain t-shirt, poster, objek dalam artikel pada kumpulan buku yang mengulas wabah pandemi Corona di Indonesia. Juga di obyek penelitian ditinjau dari aspek linguistik, serta media lainnya.

Diharapkan, melalui anugerah rekor dunia MURI tersebut, seratus desain poster kampanye bersama melawan corona, ini dapat memberi spirit kebersamaan kepada masyarakat Indonesia, dalam bergotong-royong dan bersatu menanggulangi pandemi Covid-19. ”Sekaligus dalam rangka menyonsong tatanan baru New Normal,” ujar Basnendar H.

Bambang Pur