blank
Iptu Sunarto saat memberikan sosialisasi di areal hutan di Kecamatan Gabus. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mencegah kebakaran dan pembakaran hutan (Karhutla) di sekitar RPH Padas  BKPH trembes KPH Randubelatung, Kapolsek Gabus, Iptu Sunarto didampingi jajaranya dan petugas Perhutani mengadakan patroli dialogis.

Dalam patroli ini dilaksanakan penyuluhan sosialisasi tentang penanggulangan dan pencegahan kebakaran dan pambakaran hutan kepada masyarakat Desa Bendoharjo, Kecamatan Gabus.

“Kita berikan sosialisasi ini dengan tujuan masyarakat menyadari adanya hutan di sekitar mereka dan diharapkan mereka juga bersama-sama menjaga kelestarian alam. Khususnya di areal hutan yang masuk di wilayah Kecamatan Gabus ini,” jelas Iptu Sunarto.

blank
Himbauan diberikan kepada warga untuk mencegah Karhutla di sekitar hutan. Foto : Hana Eswe/ist.

Dikatakan Iptu Sunarto, menjelang musim kemarau ini diharapkan warga mencegah adanya kebakaran atau pembakaran lahak hutan untuk kepentingan apapun.

“Ada dampak-dampak negatif dari Karhutla ini, seperti polusi udara, Kerugian materiil, tanah menjadi terganggu kesuburanya dan yang lebih berbahaya kebakaran menjalar ke rumah penduduk.”

“Dengan kesadaran bersama untuk menjaga kelestarian hutanyang dapat juga mencegah banjir, kekeringan serta tanah longsor,” tambah pria yang pernah menjabat sebagai KBO Satlantas Polres Grobogan ini.

Di akhir sosialisasinya, Iptu Sunarto mengungkapkan, semua pihak seperti kepolisian, perhutani, dan warga masyarakat sepakat bersama-sama mencegah  kebakaran hutan atau pembalakan liar di wilayah tersebut.

Hana Eswe-Wahyu