blank
Para peserta seleksi Cakasek, tengah mengerjakan tugas membuat makalah yang ditulis tangan dan diberikan tempo dua jam.
SOLO (SUARABARU.ID) –  Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta, menggelar seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakasek). Selesksi digelar di Gedung Pukdiklat Perguruan Muhammadiyah Dharmo Tjahjono, Solo, diikuti sebanyak 11 peserta.

Sebelum pelaksanaan seleksi dimulai, diawali lebih dulu acara pembukaan oleh Ketua Majelis Dikdasmen Kota Surakarta, Drs H Tridjono. Dalam sambutannya, Tridjono, menyatakan, peserta yang ditunjuk mengikuti seleksi adalah para guru yang sudah senior dan memenuhi syarat. Juga dipandang mampu untuk melaksanakan tugas Kepala Sekolah (Kasek).

Peserta yang dinyatakan memenuhi syarat dan lulus, nantinya akan diberi amanah untuk menjadi Kasek di lingkungan Majelis Dikdasmen Kota Surakarta. Kepada tim seleksi, diminta agar melaksanakan seleksi dengan obyektif, transparan, profesional dan akuntabel. Hasil tes nantinya diharapkan sudah diterima Majelis Dikdasmen paling lambat satu minggu selang pelaksanaan seleksi.

blank
Seleksi Cakasek digelar di gedung Pukdiklat Perguruan Muhammadiyah Dharmo Tjahjono, Solo.

Purna Tugas
Menurut Tridjono, seleksi dilakukan untuk mengisi kekosongan Kasek yang memasuki purna tugas atau Kasek yang masa bhaktinya sudah berakhir. Sekretaris Majelis Dikdasmen Kota Surakarta Drs H Yatimun, menjelaskan, sekolah yang dikelola meliputi 23 Sekolah Dasar (SD), 9 SLTP, 1 Madsasah Tsanawiyah (MTs), berikut masing-masing 5 SMA dan 5 SMK, serta satu Madrasah Aliyah (MA).

Jumlah peserta didiknya sebanyak 13.000 siswa, tenaga pendidik (guru) sebanyak 1.100 orang, dan tenaga kependidikan sebanyak 210 orang. Agar sekolah Muhammadiyah berkualitas dan berkemajuan, maka dibutuhkan Kasek yang mumpuni dan berkualitas.

Ketua Tim Seleksi Cakasek, Dr Anwar Hamdani MM, MHum, didampingi Anggota Tim Seleksi Drs H Supraptono MPd, menjelaskan, materi seleksi Cakasek meliputi pembuatan makalah dengan judul ”Pengembangan Sekolah Muhammadiyah dalam Mewujudkan Sekolah yang Bermutu dan Berkemajuan,” yang berisi delapan standard pendidikan dan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Makalah ditulis tangan dan dikerjakan dalam tempo dua jam.

blank
Ketua Majelis Dikdasmen PDM Surakarta, Tridjono (kiri) menyampaikan sambutan pembukaan seleksi Cakasek. Ikut mendampingi Sekretaris Majelis, Yatimun.
Lima Orang
Setelah ujian tertulis, dilanjutkan wawancara yang dilaksanakan oleh Tim Seleksi yang berjumlah lima orang. Mereka terdiri atas Drs H Tridjono, Drs H Yatimun, Dr Anwar Hamdani MM, MHum, Drs H Supraptono M.Pd, dan Dr Suharno MPd.

Untuk materi wawancara, meliputi tentang motivasi/peminatan, integritas, komitmen, kepemimpinan, kreatifitas/inovasi, problem solving, dan Al-Islam Ke-Muhammadiyahan.

Supraptono menjelaskan, selain seleksi melalui ujian secara tertulis dan wawancara, tim seleksi juga mengadakan tracer study, yaitu rekam jejak karir dan home visit terhadap para peserta seleksi.

blank
Para peserta seleksi Cakasek, foto bersama. Mereka mengenakan baju lengan panjang putih berdasi dan bawahan warna gelap.


Selanjutnya tim akan merekap nilai dari setiap tahapan seleksi, dan mengadakan rapat pleno tim untuk membuat peringkat. Hasilnya kelak akan diserahkan ke Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta.

Adapun sebelas peserta seleksi terdiri atas Maghfirotun Naimah, SPd, Darsono MPd, Ernawati Arini Budiarti SPd, Sri Partini SPd, Aini Anjariyah, SPd, Amin Bambang Prihantono, SPd, Parwanto, SPd, Hery Rachmanto, SPd, Jamalludin Ahmad, MPd, Indra Miftachul Huda SPd, dan Ernawati, SPd.

Bambang Pur

blank
blank
blank
blank
blank