Bagikan
Salah satu wiusdawati terbaik pada wisuda ke 37 Unsiq Jateng di Wonosobo tahun 2019 menerima hadiah umroh ke tanah suci dari biro Umroh dan Haji pimpinan dr H Ahmad Dimyati. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Universitas Sains Al Quran (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo, hari ini Rabu (15/1), mewisuda 542 lulusan di Gedung Sasana Adipura Kencana setempat.

Sejumlah 542 wisudawan tersebut terdiri dari program S2 (38), S1 (474) dan D3 (30). Peserta wisuda berasal dari Fakultas Pasca Sarjana (38) terdiri prodi Ilmu Al Qur’an (12) dan Magister Pendidikan Islam (26). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan (FITK-141) yakni prodi PAI (78), Pendidikan Fisika (7), PGMI (33) dan PIAUD (23).

Sedangkan dari Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik (FKSP-19) terdiri prodi Ilmu Politik (2), Komunikasi dan Penyiaran Islam (17). Fakultas Kesehatan (18) berasal dari prodi Kebidanan (13) dan Keperawatan (13) lulusan.

Fakultas Syariah dan Hukum (FSH-83) prodi Hukum Ekonomi Syariah (35), Hukum Keluarga (10), Ilmu Al Quran dan Tafsir (14), Ilmu Hukum (13) dan Perbankan Syariah (11). Fakultas Ekonomi (150) terdiri jurusan Akutansi (70) dan Managemen (80).

Sementara Fakultas Bahasa dan Sastra prodi Bahasa Inggris (23). Fakultas Tehnik dan Ilmu Komputer (FTIK-70) prodi Arsitektur (12), Managemen Informatika (2), Tehnik Informatika (46) dan Tehnik Mesin (10).

Ketua Panitia Wisuda 38 Unsiq Dr H Zaenal Sukawi MA, Selasa (14/1), mengatakan dari wisudawan sebanyak itu, terdapat 5 wisudawan dinyatakan terbaik tahfidz dan 8 wisudawan terbaik karena memperoleh indek prestasi (IP) tertinggi di fakultas.

“5 wisudawan terbaik tahfidz yakni Dessy Rizki Fitriyanti Alh (Hukum Keluarga), Farah Maulida Haura Alh (PIAUD), Seviana Mufidatunela Alh (KPI), Risa Khoirul Umah Alh (Satra Inggris) dan Ahmad Shobirin Alh (Magister Pendidikan Islam),” katanya.

AlQuran Akbar

Dr H Zaenal Sukawi MA, Ketua Panitia Wisuda Unsiq ke-38 2020. Foto :SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Sedang 8 wisuda terbaik dari masing-masing Fakultas terdiri Inayatus Solihah IPK 3,74 (PS-Magister Pendidikan Islam), Ahmad Ristanto IPK 3,90 (FTIK-PGMI), Siti Khotijah IPK 3,78 (FKSP-KPI) dan Akromatika IPK 3,94 (FSH-Ilmu Al Qur’an dan Tafsir).

Selain itu, juga Septiyana IPK 3,95 (FE-Akutansi), Maesyaroh IPK 3,87 (FS-Sastra Inggris), Disca Ferly Adistya IPK 3,70 (FITK-Tehnik Informatika) dan Irma Yuliani IPK 3,80 (Keperawatan). Wisuda tahfidz dan terbaik akan mendapatkan penghargaan khusus.

Wisuda Unsiq kali ini dihadiri KH Zainut Tauhid Sa’adi MSi, Wakil Menteri Agama RI dan akan memberikan pidato ilmiah. Di sela-sela wisuda juga akan diserahkan secara simbolis Al Qur’an Akbar kepada Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Hingga saat ini, Unsiq telah menyelesaikan penulisan 10 Al Qur’an Akbar. Al Qur’an AKbar 1 disimpan di Istana Negara, ke-2 berada di Baitul Qur’an TMII Jakarta, ke-3 dikoleksi di Islamic Center Jakarta.

Adapun Al Qur’ab Akbar ke-4 ada di Masjid Agung Jawa Tengah dan ke-5 di Istana Kesultanan Brunei Darrusalam, ke-6 di Masjid Raya Makasar, ke-7 di Masjid kediaman Imam Nahrowi, ke-8 di mushola kediaman Asri Setyawati dan ke-9 di Masjid Nurut Taubah Lapeo Sulawesi Barat.

Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo Dr KH Muchotob Hamzah MM menyebut dengan visi transformatis humanis dan qurani, Unsiq yang didirikan KH Muntaha Al Hafidz, menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang mentransformasikan nilai Al Quran.

“Unsiq berusaha memadukan mutiara pesantren dengan pendidikan modern dengan pengembangan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual secara integral. Unsiq menjadi mutiara ilmu pengetahuan, seni dan tehnologi yang qurani,” katanya.

Muharno Zarka -Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here