blank
Sejumah siswa MAN 1 Wonosobo melambaikan tangan mengiringi lantunan salawat Nabi Muhammad SAW yang dipimpin Habib Abdurrahman Bin Muhammad Al Atthos. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-“Indonesia Kebanggaanku, Indonesia Kebangsaanku, Merah Putih Benderaku, NKRI Harga Mati. Bersatulah Bangsa Indonesia, Kami Semua Cinta Indonesia, Sekali Merdeka Tetap Merdeka”.

Syair nasional tersebut terdengar di sela-sela alunan Salawat Nabi Muhammad SAW yang dilantunkan Habib Abdurrahman Bin Muhammad Al Atthos di sela-sela acara “MAN 1 Wonosobo Bersholawat”, di halaman madrasah setempat, Sabtu (30/11).

Sembari memekikkan syair nasionalisme dan menyelingi dengan sholawat Nabi, Habib mengajak siswa-siswi MAN 1 Wonosobo dan pengunjung lain mengangkat dan melambaikan tangan ke atas. Suasana histeris tampak ketika jama’ah ikut melantunkan sholawat.

Dengan penghayatan yang dalam, jamaah maulidurrasul, larut dalam alunan salawat Nabi Muhamamd SAW yang diiringi musik terbang group rebana. Lengkingan bacaan salawat terus menggema tanpa henti. Salawat Nabi benar-benar telah menjadi idola kaum milenial.

Sejak sebelum naik hingga turun panggung, beberapa pengunjung berebut mendekat dan mencium tangan Habib Abdurrahman Bin Muhammad Al Atthos, yang berasal dari Solo itu. Saat sudah di atas dan bersholawat, Habib, acap melempar buah kelengkeng ke pengunjung.

Jama’ah yang sebagian besar siswa MAN 1 Wonosobo itu, terlihat histeris kegirangan sambil saling bersicepat menggerakan tangan guna merengkuh buah yang dilempar Sang Habib dari atas panggung. Seyum pun mengembang dari wajah Habib asal Solo itu.

Simaan Alquran

Guru Pembina Keagamaan MAN 1 Wonosobo Sri Nuri Rohmawati mengatakan sebelum sholawat dimulai, sejumlah siswa-siswi MAN 1 dari kelas unggulan hafiz (hafalan Alquran), melakukan simaan AAlquran 30 juz yang dipandu guru aqidah Akhlak, Subur.

blank
Habib Abdurrahman Bin Muhammad Al Athos ketika memimpin salawat Nabi dalam acara “MAN 1 Wonosobo Bersholawat” di halaman madrasah setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

“Simaan Alquran dilakukan agar semua aktifvtas yang dilakukan di MAN 1 Wonosobo mendapat berkah dari Alquran. Dari pagi hingga acara dimulai, alhamdulillah sejumlah siswa-siswi mampu menyelesaikan khataman Alquran 30 juz,” katanya.

Kepala MAN 1 Wonosobo Warsam menambahkan acara “MAN 1 Wonosobo Bersholawat” sudah rutin dilakukan setiap tahun. Selain dalam rangka memperingati Maulidurrasul (kelahiran Nabi Muhammad SAW), juga untuk menanamkan kecintaan siswa pada Rasulullah.

“Anak-anak MAN 1 Wonosobo harus cinta Rosulullah dan selalu menggemakan salawat Nabi. Karena umat yang sering melantunkan salawat Nabi Muhammad SAW akan mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Bagi pelajar, salawat juga bisa mencerdaskan,” sebutnya.

Hadir mendampingi Habib Abdurrahman Bin Muhammad Al Atthos, Ali Rohman Ketua Ahbabul Rosul Wonosobo, Habib Muhsin Al Athos asal Tegal yang kini tinggal di Betengsari Wonosobo, K Imron Imam Masjid YAMP Mendolo dan anggota Komite MAN 1 Wonosobo.

Habib Abdurrahman Bin Muhammad Al Atthos berpesan kepada siswa-siswi MAN 1 Wonosobo untuk senantiasa mencintai Rasulullah dengan selalu melantunkan salawat Nabi. “Karena berkat salawat hidup jadi nikmat dan kelak bisa jadi orang hebat”, bebernya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka