blank
Firza Andika/dok

MANILA – Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam U-23 sama-sama berambisi meraih kemenangan demi memastikan satu tiket ke semifinal SEA Games 2019 Filipina. Keduanya bakal memainkan pertandingan ketiga Grup B di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12) mulai pukul 19.00 WIB. Indonesia dan Vietnam saat ini mengemas enam poin. Andy Setyo Nugroho dan kolega sebelumnya menundukkan Thailand dan Singapura dengan skor sama, 2-0. Sementera pasukan Negeri Paman Ho menang 6-0 atas Brunei Darussalam dan memukul Laos 6-1.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri menyatakan skuadnya kini semakin percaya diri. Dia pun telah menemukan 11 starter terbaik. ”Saya ingin mengubah Grup B menjadi grup surga. Semoga kami bisa meneruskan tren kemenangan dengan mengatasi Vietnam,” ungkap Indra Sjafri.

Dia menjelaskan timnya berpotensi tanpa striker Muhammad Rafli dan bek kiri Firza Andika. Keduanya belum pulih total dari cedera pergelangan kaki. Rafli dan Firza mengalami cedera saat meladeni Singapura, 28 November lalu. Rafli ditarik keluar pada babak pertama, sedangkan Firza di paruh kedua.

Indra menilai keduanya sulit untuk turun melawan Vietnam. Dibutuhkan paling tidak tiga hari untuk memulihkan kondisi mereka. ”Mungkin lawan Brunei sudah bisa main. Meski demikian, Rafli dan Firza bakal tetap masuk daftar skuad,” papar pria asal Padang ini. Jika Rafli berhalangan, Osvaldo Haay akan menjadi starter. Osvaldo telah menyumbang dua gol sebagai pengganti Rafli. Untuk pelapis Firza, Indra punya beberapa opsi. Yang pasti, semua disesuaikan dengan strategi yang telah dirancang. (rr)