blank
Anggota DPR RI Agung Widyantoro saat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian ke kelompok tani, Rabu (27/11). Foto: Harviyanto

BREBES – Puluhan kelompok tani di Kabupaten Brebes, menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Anggota DPR RI Agung Widiyantoro. Bantuan tersebut kemudian disalurkan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Brebes. Bantuan yang bersumber dari aspirasinya itu diberikan dalam upaya meningkatkan hasil pertanian, khususnya di wilayah Brebes.

“Bantuan yang kami disalurkan ke petani di Brebes diantaranya traktor roda empat, traktor roda dua, handsprayer, kultivator dan pompa air. Jumlahnya mencapai 90 unit,”ujar Agung disela menyalurkan bantuan ke petani.
Menurutnya, bantuan itu juga bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian sekaligus menekan biaya produksi para petani. Dengan demikian, maka hasil produksi pertanian di Brebes akan lebih melimpah.

“Ketika petani di Brebes ini sudah mampu meningkatkan produksi dan menekan biaya produksi, target kami selanjutnya adalah menciptakan kembali swasembada pangan. Ketika ini tercapai, maka kesejahteraan petani akan meningkat dan desa akan maju,” tandasnya.

Guna meningkatkan kemampuan petani dalam penggunaan alsintan, lanjut dia, kedepan juga akan dilaksanakan pelatihan.

Namun, upaya itu perlu ada kerjasama dengan pemerintah daerah. Artinya, pemerintah pusat melalui anggota DRP telah memberikan alatnya, pemerintah daerah memberikan pelatihan penggunaan alatnya. “Jadi memang harus ada sinergitas, sehingga tujuan meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan desa maju bisa tercapai,” sambungnya.

blank
Anggota DPR RI Agung Widyantoro Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Brebes, Yulia Herawati mencoba traktor bantuan untuk petani. Foto: harviyanto

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Brebes, Yulia Herawati mengatakan, Pemkab Brebes memberikan apresiasi atas perhatian yang diberikan anggota DPR RI, Agung Widyantoro. Menginggat, petani di Brebes memang membutuhkan alsintan untuk mendukung peningkatan produksi hasil pertanian. Apalagi wilayah Kabupaten Brebes memiliki lahan pertanian yang cukup luas mencapai, 62.000 hektar.

Di sisi lain, Brebes juga telah dinyatakan sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Jawa Tengah. Hal itu jelas membutuhkan dukungan peralatan pertanian yang memadai. “Adanya bantuan alsintan ini, nantinya jelas sangat bermanfaat bagi petani. Sehingga, produktivitas hasil pertanian bisa meningkat. Untuk saat ini, rata-rata lahan sawah bisa menghasilkan 6 ton per hekatarenya,” ujar dia.

Suarabaru.id/harviyanto