blank
Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Eddy Sulistiyo Bramiyanto dan Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, beserta jajaran perwakilan OPD Rembang dan manajemen PT Semen Gresik me-Launching Hampers Berkah UMKM Rembang di halaman RB Rembang, Ju Bumat (8/3). Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 5639 paket hampers produk UMKM binaan Rumah BUMN (RB) Rembang terjual dengan total nilai transaksi lebih dari Rp 565 juta selama bulan Ramadan tahun ini.

Penjualan ini melalui program “Hampers Berkah UMKM Rembang” yang difasilitasi oleh anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), PT Semen Gresik.

Rumah BUMN bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Rembang, Forum UMKM Rembang, instansi swasta, dan komunitas yang secara masif mendukung program belanja produk parsel lokal lebaran tahun 2024.

blank
Paket hampers produk UMKM binaan RB Rembang terjual dengan total nilai transaksi lebih dari Rp 565 juta selama bulan Ramadan 1445H/ tahun 2024. Foto: Humas SG

Senior Manager Communication and CSR PT Semen Gresik, Sulistyono, menuturkan bahwa pemesanan hampers lebaran setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

“Ini menunjukkan progres bisnis UMKM binaan RB Rembang tetap tumbuh menggeliat, serta sukses mempertahankan kualitas produk yang diminati masyarakat,” kata Sulistyono.

Menurut Sulistyono, sejak di-launching akhir Maret lalu, penjualan hampers Berkah UMKM Rembang mendapatkan respons positif dari para konsumen.

“Strategi kolaborasi dan hard selling atau jemput bola yang kami terapkan, ikut membantu kenaikan penjualan,” terang Sulistyono.

Diakuinya, RB Rembang menjadi rumah besar bersama bagi ratusan UMKM binaan di wilayah operasional perusahaan. Sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi, serta memberikan kontribusi pada peningkatan kapasitas UMKM sehingga produk yang dihasilkan bisa masuk standar pasar-pasar modern.

Menurut data, penjualan hampers lebaran setiap tahunnya mengalami kenaikan secara fluktuatif, pada tahun 2023 total transaksi penjualan sebesar Rp 434.347.500 juta dan di tahun 2024 kembali mengalami kenaikan serta mencatatkan rekor tertinggi sebesar Rp 565.205.000 juta dengan 5.639 paket hampers terjual.

blank
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Eddy Sulistiyo Bramiyanto mengunjungi etalase paket hampers produk UMKM lokal Rembang. Foto: Humas SG

“Capaian positif yang harus di apresiasi dan dipertahankan kedepannya, ini merupakan komitmen PT Semen Gresik dalam pemberdayaan UMKM di lingkungan operasional perusahaan dari Kabupaten Rembang dan Blora,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM binaan RB Rembang, Jumasri, mengungkapkan terimakasih atas dukungan RB Rembang yang mewadahi para pelaku UMKM Rembang untuk terus berkembang dan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan, seperti penjualan hampers berkah lebaran tahun 2024.

“Alhamdulillah, hampers berkah lebaran tahun ini benar-benar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, semakin kreatif konsepnya dan semakin tinggi penjualannya. Semoga kedepannya, RB Rembang mampu menjangkau pasar yang lebih luas,” pungkas Owner produk olahan ikan dan camilan Deket Peken.

Wied