blank
Nathan Tjoe-A-On. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, Nathan Tjoe-A-On yang sebelumnya tiak diberi izin klubnya, akhirnya diizinkan SC Heerenveen, untuk kembali memperkuat Timnas U23 Indonesia, di ajang Piala Asia U23 2024, Qatar.

Sebelumnya, Nathan hanya diizinkan main hingga putaran grup usai. Namun berkat lobi keras yang dilakukan Erick Thohir, Nathan akhirnya bisa kembali bergabung dengan Indonesia di Doha, Qatar, untuk laga melawan Korea Selatan.

”Kabar baik datang dari Belanda, SC Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa Piala Asia U23,” ujar Erick, seperti dikutip dari laman resmi PSSI Rabu (24/4/2024).

BACA JUGA: Ketua DPRD Kudus Siapkan Jurus Jitu Tangani Persoalan Sampah

blank
Pemain Timnas U23 Indonesia, Nathan Tjoe-A-On (kiri), saat berebut bola dengan salah satu penyerang Yordania, ketika kedua tim berlaga di babak penyisihan grup Piala Asia U23 di Doha, Qatar. Foto: dok/pssi

Setelah diizinkan klubnya, Nathan langsung terbang ke Qatar, guna persiapan laga melawan Korsel. Erick juga menyampaikan, usaha melobi SC Heerenveen sukses, juga berkat dukungan seluruh pihak. Selain Erick yang turun langsung melobi petinggi klub Belanda itu, sejumlah pihak ikut membantu lewat pendekatan personal serta informal.

”Terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat, dan memberi dukungan ini. Kini kita fokus menatap laga lawan Korsel, dengan kekuatan yang utuh,” imbuhnya.

Secara khusus, Erick pun memberikan apresiasinya kepada suporter yang ikut berusaha keras menyampaikan pesan langsung ke SC Heerenveen, via media sosial. ”Terima kasih juga atas dukungan suporter yang mengharapkan Nathan dilepas klubnya, sampai-sampai banyak singgah komentar dengan sangat sopan ke sosmednya Heerenveen,” ungkapnya.

BACA JUGA: Peringati Hari Kartini, Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Beri Edukasi Keuangan Ribuan Perempuan UMKM

Ini adalah kali keempat Erick terjun langsung dalam memenuhi permintaan pelatih Shin Tae-yong, guna mendapatkan skuad terbaik Timnas U23 Indonesia. Sebelumnya, Erick pasang badan untuk memanggil pemain Liga 1 pilihan pelatih Shin Tae-yong untuk Garuda Muda.

Bahkan sempat mengeluarkan langkah tegas, untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1, saat klub hanya bersedia melepas sembilan pemain.

Selain suksea melobi klub Liga 1, Erick juga sukses meyakinkan SC Heerenveen kala melepas Nathan di putaran grup. Langkah yang sama dilakukan Erick, kala membujuk klub asal Jepang Cerezo Osaka, agar melepas Justin Hubner.

”Memang tidak mudah, tapi pada akhirnya kita bersyukur, seluruh pemain yang diinginkan coach Shin Tae-yong bisa tersedia. Kini tinggal usaha dan doa terbaik kita berikan demi hasil terbaik di delapan besar,” pungkasnya.

Riyan