blank
Suasana hari pertama pengoperasian traffic light di perempatan SMPN 3 Purwodadi, Selasa (22/10) pagi. Arus lalu lintas menjadi lebih rapi. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Lampu pengatur lalu lintas atau traffic light yang dipasang di Jalan Gajahmada Purwodadi sudah dioperasionalkan mulai Selasa (22/10). Biasanya, arus lalu lintas pada pagi hari tampak lebih padat karena lalu lalang warga yang menyeberang jalur tersebut. Kini, adanya traffic light membuat arus lalu lintas menjadi teratur dan rapi.

Pengoperasian traffic light ini dibenarkan Kasatlantas Polres Grobogan AKP Muchammad Yogi P, SIK, SH melalui KBO Satlantas Iptu Sunarto. Menurutnya, semua proses koordinasi dengan instansi terkait telah selesai, traffic light ini sudah bisa Operasional mulai tanggal 22 Oktober 2019.

“Koordinasi dengan Dishub sudah selesai dan hari ini traffic light baru yang dipasang di perempatan SMPN 3 Purwodadi atau tepatnya di depan Polres Grobogan sudah mulai diberlakukan hari ini. Nanti setelah diberlakukan akan dievaluasi bersama-sama,” kata Iptu Sunarto.

Iptu Sunarto menambahkan, menjelang dioperasionalkannya traffic light, sebagian barang bukti laka lantas yang sebelumnya diletakkan tepat di belokan menuju Jalan Untung Suropati, Purwodadi, sudah dipindahkan. Pemindahan tersebut dilakukan oleh pihak unit Laka Lantas Polres Grobogan.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Grobogan Iptu Candra Bayu Septi menerangkan, sebagian kendaraan barang bukti laka lantas sudah dipindahkan ke lahan milik unit Laka Lantas Polres Grobogan, tepatnya di Jalan Bhayangkara, Purwodadi.

“Sebenarnya kita masih menggunakan lahan yang ada di Unit Laka, namun masih terbatas  dan untuk selanjutnya saat ini masih mencari lahan untuk tempat penyimpanan barang bukti mengantisipasi khususnya apabila ada BB Kendaraan berat. Untuk lahan yang bisa kita gunakan tentunya yang luas, aman dan terawasi oleh petugas kita,” ujar Iptu Candra, saat dikonfirmasi suarabaru.id.

Diminta Kesadaran Masyarakat

Adanya traffic light yang baru saja dioperasionalkan di perempatan SMPN 3 Purwodadi ini membuat pihak Satlantas Polres Grobogan meminta agar masyarakat semakin tertib dan menaati peraturan lalu lintas dalam rangka mewujudkan kamseltibcar lantas di Kabupaten Grobogan.

“Masyarakat juga harus selalu memahami dan mematuhi, baik rambu-rambu dan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar dalam rangka mewujudkan zero accident di Kabupaten Grobogan. Selain itu juga turut mensukseskan operasi Zebra Candi 2019 yang berlaku pada 23 Oktober-5 November 2019,” pungkas Iptu Candra.

suarabaru.id/Hana Eswe.