blank

TEMANGGUNG-SMK Dr Sutomo Temanggung memiliki fasilitas pembelajaran model teaching factory( konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis).

Fasilitas di sekolah yang  berlokasi di Jalan raya Temanggung- Parakan , tepatnya di Desa Candimulyo, Kecamtan Kedu,. Kabupaten Temanggung tersebut diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Temanggung, Suyono.

“Dengan  fasilitas teaching factory, para siswa berkesempatan  mendapat materi pembelajaran  yang disesuaikan dengan kebutuhan pangsa pasar industri, sehingga kelak kalau sudah lulus  sudah siap  terjun ke dunia kerja menjadi tenaga kerja yang terampil dan handal,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Temanggung, Suyono.

Suyono mengatakan,  model pembelajaran tersebut selaras dengan  era  industri 4.0 yakni era industri berbasis  digital. Dan, menuntut  para siswa  mampu menguasai  perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi utamanya teknologi digital.

Menurutnya, program teaching factory merupakan terobosan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia, yang  bertujuan untuk menciptakan lulusan SMK yang kompeten dan siap kerja sesuai tuntutan dunia kerja.

“Untuk itu diharapkan  para siswa   lebih kreatif, inovatif, mandiri, berkarakter dan memiliki akhlaq mulia,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Dr Sutomo Teguh Puji Utomo mengatakan, program  teaching factory  merupakan  konsep pembelajaran dalam suasana sesungguhnya, sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah.

Ia mengatakan, teknologi pembelajaran yang inovatif dan praktek produktif merupakan konsep metode pendidikan yang berorientasi pada manajemen pengelolaan siswa dalam pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan dunia industri.

Menurutnya, program teaching factory merupakan perpaduan pembelajaran yang sudah ada yaitu competency based training  yang dilaksanakan di SMK Dr Sutomo Temanggung ini bekerjasama dengan PT Nasmoco Magelang .

Diharapkan, para siswa jurusan teknik kendaraan ringan mendapat kesempatan belajar lebih luas dan   melatih keterampilannya menjadi tenaga kerja handal sesuai yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

“Di bengkel  teaching  factory SMK Dr Sutomo ,  juga siap melayani jasa servise  mobil untuk masyarakat umum, “ imbuhnya.

Suarabaru.Id/ Yon