blank
Bupati Blora H. Djoko Nugroho didampingi wakilnya, H. Arief Rohman, menyerahlan alat mesin pertanian kepada salah satu perwakilan kelompok tani di Blora. (Foto : SB/Wahono)

BLORA – Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, menggelar pameran produk unggulan dan teknologi pertanian “Blora Agriculture Festival 2019” selama tiga hari, Jumat-Minggu (4-6/10/2019).

Festival digeber di kompleks Gedung Konco Tani, jalan Blora-Cepu KM 4,3 Jepon, Blora, bertemakan “Inovasi Teknologi Pertanian Wujudkan Blora Sebagai Lumbung Pangan Jawa Tengah” dibuka Bupati H. Djoko Nugroho.

Usai membuka festival produk unggulan, dilanjut penyerahan bantuan bibit tanaman, obat-obatan pertanian, dan alat mesin pertanian kepada perwakilan kelompok tani yang telah terverifikasi.

Baca Juga: Sudah 3,5 Bulan, Atlet Dayung Blora hanya Bisa Latihan di Darat

Hadir di pameran “Blora Agriculture Festival 2019”, Wakil Bupati H. Arief Rohman, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Umi Kulsum, Forkompinda, kepala OPD dan camat se-Kabupaten Blora.

Dijelaskan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, Hj. Reni Miharti, pameran diikuti 37 peserta, terdiri dari 16 peserta dari BPP Kecamatan, 18 stan sponsor, undangan dan tiga stan kuliner khas Blora.

“Kegiatam ini dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, dan kegiatan terbuka untuk umum,” katanya.

Memasarkan

Bupati H.Djoko Nugroho mengungkapkan, tujuan pameran untuk mengajak elemen masyarakat, terutama para petani agar lebih giat lagi untuk memajukan pertanian di Blora.

“Kegiatan ini sangat positif, karena sebagian besar masyarakat Blora adalah petani, dan kegiatan ini untuk ajang memamerkan serta memasarkan produk produk petani Blora,” jelasnya.

Ditambahkan, banyak potensi hasil pertanian lainnya seperti buah-buahan yang tidak kalah bersaing dengan produk pertanian daerah lain.

Dalam kesempatan itu, Bupati bersama Wakil Bupati, Ketua Tim Penggerak PKK, dan rombongan Forkopimda meninjau lomba mewarnai tingkat anak anak, di Aula Gedung Konco Tani.

Rombongan juga keliling lokasi pameran mengunjungi stan-stan yang sudah siap. Satu demi satu dikunjungi oleh Bupati Blora  bersama Forkompinda dan pengunjung lainnya.

Bahkan, saat keliling stan mereka berbelanja, dan sempat berdialog dengan para petani yang memamerkan hasil pertanian.

Tampak banyak warga hadir mengunjungi stan-stan pertanian yang memamerkan potensi Kabupaten Blora, dan berbelanja buah serta hasil pertanian lainnya.

Selama pameran digelar hingga Minggu (4/19/2019), sejumlah pertunjukan seni budaya dan pentas musik akan tampil untuk memeriahkan acara tersebut.

Suarabaru.id/Wahono