blank
GENDONG ANAK: Sambil menggendong anaknya di punggung, seorang ibu rela antre berobat untuk dirinya serta putri kecilnya. Foto: riyan

WONOREJO– Para orang tua diharapkan memiliki kesadaran untuk memberikan asupan gizi terutama buah dan sayur mayur bagi anak-anaknya. Pemberian pemahanan dan edukasi bagi orang tua itu dilakukan, agar nantinya anak-anak tumbuh sehat dan cerdas.

Hal itu seperti yang disampaikan Ketua Koordinator Yayasan Bakti Insan Negeri (YBIN), dr Mada Gautama, di sela-sela acara pengobatan massal yang digelar di gedung serbaguna Desa Jatiyoso, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (7/9).

Dalam acara yang digelar kerja sama antara Djarum Foundation dan YBIN itu, diikuti tak kurang dari 727 warga desa setempat dan sekitarnya.

Beberapa warga dengan sabar antre, guna memeriksakan kesehatannya sekaligus pemberian obat secara gratis. Di antaranya mereka memeriksakan mata, darah tinggi, kolesterol maupun asam urat. Dengan dibantu 10 tenaga kesehatan dari Puskesmas Jatiyoso, para pasien satu persatu diperiksa dengan penuh ketelitian.

”Selain melaksanakan kegiatan pengobatan massal, kami juga memberikan pengertian, pemahaman dan edukasi kepada orang tua, akan pentingnya makan buah dan sayur bagi anak-anak. Kami juga menekankan pentingnya tindakan preventif untuk pencegahan berkembangnya sebuah penyakit. Selama tindakan itu dilakukan dengan benar, kami yakin tingkat kesehatan warga desa ini akan meningkat,” kata dr Mada dalam keterangannya.

Menurut dia, tindakan preventif bisa dilakukan mulai dari diri sendiri, keluarga dan secepatnya bila berkelanjutan diperiksakan ke puskesmas setempat, ”Tindakan preventif atau pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan. Karena sebelum berlanjut ke tindakan medis, pencegahan sejak awal sangat dianjurkan. Dan kegiatan pengobatan massal ini sebagai salah satu cara jemput bola untuk tindakan preventifnya,” imbuh dia lagi.

blank
TERIMA BANTUAN: Kepala Desa Wonorejo, Sularno (keempat dari kiri) saat menerima secara simbolis bantuan pelayanan kesehatan dari pihak Djarum Foundation yang diwakili Arvi Oktaviendra (ketiga dari kiri). Foto: riyan

Rutin Digelar
Sedangkan Arvi Oktaviendra dari perwakilan Djarum Foundation menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian pihak perusahaan pada masyarakat yang membutuhkan. Dalam kegiatan bertajuk Pelayanan Medis Masyarakan Jateng itu, menjadi salah satu bentuk bakti sosial perusahaan pada masyarakat.

”Selain Bakti Sosial, pihak Djarum Foundation juga melaksanakan bakti yang lain, seperti Bakti Pendidikan, Bakti Lingkungan, Bakti Budaya dan Bakti Olahraga. Bakti Sosial berupa pelayanan medis ini kami laksanakan rutin, di beberapa wilayah Jateng. Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini masalah kesehatan masyarakat setempat, bisa sedikit teratasi,” terang Arvi.

Sementara itu Kepala Desa Wonorejo, Sularno mengungkapkan, pihaknya mengaku sangat bersyukur di daerahnya menjadi tempat berlangsungnya pengobatan massal. Hal ini dikarenakan jauhnya puskesmas sebagai tempat berobat yang lebih besar dan komplet.

”Kami mengucap syukur, karena warga desa kami bisa berobat dan ditangani langsung para dokter dari tim medis YBIN serta petugas kesehatan dari Puskesmas Jatiyoso,” tandasnya.

suarabaru.id/Riyan