blank
Penulis bersama para pegiat literasi saat menghadiri deklarasi Rumah Literasi RA Kartini Jepara

Oleh : Itta Muyassyaroh

Rumah literasi R.A. Kartini Jepara yang terletak di RT 01/RW 07  Dukuh Margokerto, Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara pastinya akan memberikan nuansa yang berbeda. Indah bagaikan  pelangi yang menyinarkan   aneka warna.

Sebab rumah literasi yang diinisiasi oleh Yayasan Kartini Indonesia ini  akan menyajikan lima program gratis yaitu perpustakaan, diskusi, permainan tradisional, mendongeng, dan pelatihan menulis bagi para pelajar, mahasiswa dan bahkan guru.

blank
Penulis bersama dengan guru pegiat literasi

Penulis sebagai guru SDN 6 Tubanan sangat senang sekali adanya rumah literasi yang dekat dengan sekolah. Seperti teman guru yang lain, kami menaruh harapan terhadap kehadiran rumah literasi yang baru saja dibuka pada tanggal 21 April 2024, bertepatan dengan peringatan Hari Kelahiran ke- 145 R.A. Kartini. Sebab rumah literasi ini berusaha memetik ruh pahlawan emansipasi   perempuan, menapaki jejak dan meneladaninya.

Menurut saya, program rumah literasi ini ditujukan untuk memotivasi  anak-anak agar semakin suka membaca dan menulis  yang secara jujur harus diakui  menjadi persoalan  mendasar dan kelemahan kita. Demikian juga mendongeng dan permainan serta olahraga  tradisional  yang telah semakin ditinggalkan sebagai salah satu metode pembentuk karakter anak.

Padahal melalui membaca, menulis, mendongeng, bermain dan olahraga tradisional akan mengurangi durasi anak untuk main HP. Karena itu kami sangat berharap sekolah boleh dan bisa bekerjasama untuk memanfaatkan fasilitas dan program  di  rumah baca tersebut.

Dengan demikian tidak setiap hari anak  berinteraksi dengan HP, tetapi  dapat ditanamkan kembali cara belajar bersama yang riang  gembira. Sebab kegembiraan bersama itu adalah fitroh seorang anak guna membangun karakter, relasi sosial, tanggung jawab, kreatifitas dan bahkan kecerdasannya.

Harapan harapan itu  juga  yang disampaikan  oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara   Ali Hidayat, Prof Alamsyah Dekan FIB Undip, Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat, Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani, Kapolsek Bangsri Iptu Sukresno. Juga dari Yayasan Kartini Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris yayasan Indria Mustika dan ketua uumnya Hadi Priyanto.

Kuncinya adalah membangun sinergitas dan kolaborasi antar semua pemangku kepentingan dalam gerakan literasi di Jepara. Semoga mimpi indah ini dapat menjadi kenyataan.

Penulis adalah Guru SD Negeri  6 Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara

 

.