blank

Sekda Drs Adi Waryanto pidato dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Magelang. (Foto: SB/Tuhu)

 

BOROBUDUR – Lima puluh calon anggota DPRD Kabupaten Magelang hasil Pemilu 2019 diusulkan untuk segera dilantik. Usulan disampaikan Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Magelang.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffuddin SAg, Sabtu (10/8) sore, dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019.

Rapat pleno itu disaksikan Ketua Bawaslu MH Habib Shaleh, para pimpinan parpol, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

“ Kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada TNI, Polri, Pemkab Magelang, Bawaslu, dan seluruh stakeholder, yang telah bersinergi dalam menyukseskan setiap tahapan Pemilu 2019. Sehingga pesta demokrasi berlangsung tanpa gejolak ,” tutur Afiffuddin.

Ia menyebutkan, periode lima tahun ke depan DPRD Kabupaten Magelang akan diwarnai 20 wajah baru.

Adapun hasil rekapitulasi perolehan kursi, PDI Perjuangan dan PKS masing-masing berhasil menambah tiga kursi. Sementara pada Pemilu 2014 yang lalu, PDI Perjuangan meraih 10 kursi dan PKS tiga kursi.

Partai Nasdem pada pemilu sebelumnya tidak memiliki kursi di DPRD, tetapi sekarang berhasil mendapatkan dua kursi.

Sementara itu partai politik yang berkurang jumlah kursinya, masing-masing PAN kehilangan dua kursi menjadi tiga. Partai Demokrat berkurang dua kursi menjadi tinggal satu.

Partai Gerindra kehilangan dua kursi menjadi tujuh. PKB berkurang satu menjadi delapan kursi, PPP juga kehilangan satu kursi menjadi empat kursi. Sedangkan perolehan kursi Partai Golkar tetap, yakni enam kursi.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Drs Adi Waryanto menyatakan Pemilu 2019 sukses, ditinjau dari tingginya angka partisipasi publik yang mencapai 85 persen.

Dari  pemilih Kabupaten Magelang 998.333 orang,  tercatat yang menggunakan hak pilihnya 85,86 persen atau 857.239 orang untuk Pemilu legislatif dan 85,72 persen pada Pemilu Presiden.

“Kami berharap calon terpilih mampu mengemban amanah dengan baik, serta ikut mendukung terwujudnya Kabupaten Magelang yang semakin maju,” katanya.(Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)