blank
Tim juri tingkat nasional saat diterima di ruang tamu rumah dinas bupata Jepara.(Foto:SB Hadi P)

JEPARA – Perpustakaan “Kucica” Desa Tulakan, Kecamatan Donorojo, mewakili Kabupaten Jepara maju lomba perpustakaan tingkat nasional.

Penilaian tim juri nasional dilakukan Kamis (4/7). Mereka melakukan kunjungan lapangan dan melihat secara langsung salah satu pusat layanan informasi masyarakat ini.

Perpustakaan Desa Tulakan, berhasil masuk ke babak 6 besar lomba perpustakaan klaster A tingkat nasional.

Untuk tahap selanjutnya para dewan juri akan melakukan uji lapangan. Melihat secara langsung peran purpustakaan ini di masyarakat.

Sebelumnya tim juga sudah diterima oleh Plt Asisten III Setda Jepara, Fadkurozi. Dalam kesempatan itu Fatkurozi  juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, Agus Tri Raharjo dan para pejabat terkait.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Juri Nasional Supriyanto, mengucapkan selamat atas masuknya perpustakaan “Kucica” (Ku Cinta Baca), dalam 6 besar nasional.

Komponen Dasar

Disampaikan, ada beberapa pedoman atau unsur utama dalam komponen penyelenggaraan dasar perpustakaan, pertama koleksi (printed, recorder, online) dari perpustakaan.

Kedua, pelayanan dari perpustakaan tersebut, serta ketiga tenaga atau para pustakawan. Keempat, sarana dan prasarana yang dimiliki.

“Terakhir juga anggaran, apakah perpustakaan tersebut mempunyai anggaran yang cukup dan berkelanjutan atau tidak,” kata dia.

Selain komponen tersebut, terdapat juga komponen penguat. Di antaranya adalah membangun sebuah Inovasi untuk perpustakaan, serta kelembagaan. Selain itu juga kepedulian dari pemerintah daerah dan masyarakat.

“Apabila bisa mengintegtasikan komponen-komponen tersebut dan mengimplementasikan, hasilnya pasti baik,”  tutur Supriyanto. (SuaraBaru. Id/Hadi Priyanto)