blank
Bupati Joko Sutopo (ketiga dari kiri) menerima penyerahan 36 nama pejabat yang lolos seleksi akhir dari Ketua Pansel JPT Pratama, Anwar Hamdani (ketiga dari kanan). Ikut mendampingi Kepala BKD Haryono, Sekda Suharno (kesatu dan kedua dari kiri), serta Anggota Pansel Tuhana dan Sri Wiyoso (kedua dan kesatu dari kanan).(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemkab Wonogiri, Rabu (22/5), menyerahkan 36 nama kandidat pejabat untuk rencana pengisian kekosongan 12 pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ke 36 nama tersebut, diserahkan langsung kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo di ruang kerjanya. Penyerahannya dilakukan oleh Ketua Pansel Dr Anwar Hamdani, SH, SE, MM, MHum.

Ikut mendampingi dalam acara penyerahan ke 36 nama pejabat tersebut, Sekda Wonogiri, Suharno, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Haryono, bersama Anggota Pansel Sri Wiyoso dan Tuhana. Sebelumnya, ada sebanyak 48 pejabat yang lolos uji kompetensi. Tapi kemudian mengerucut tinggal 36 nama, karena ada sebanyak 12 nama yang gagal lolos seleksi akhir wawancara.

Adapun ke 36 nama pejabat (nama urut Alphabet) yang lolos seleksi wawancara akhir, untuk formasi kandidat Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Dinkominfo) terdiri atas Dwi Saputro, Nur Iswantoro, dan Totok Sugiyarto. Kemudian untuk Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, terdiri atas Edhy Tri Hadiyanto, Herdian, dan Wahyu Widayati. Untuk JPT Pratama Inspektur Kabupaten Wonogiri terdiri atas Dewi Attutianingrum, Mardiyanto, dan Umi Nurjanah. Selanjutnya untuk JPT Pratama Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan terdiri atas Aris Tri Budoyo, Edi Djoko Dwiono, Hastomi.

Untuk Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terdiri atas Danang Erwanto, Prihadi Ariyanto dan Toto Prasojo. Dinas Peternakan Perikanan Kelautan (Disnakperla) terdiri atas Kikis Santosa, Surip Surono dan Sutardi. Dinas Pendidikan Kebudayaan (Gino, Sriyanto dan Yuli Bangun Nursanti). Selanjutnya untuk JPT Pratama Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra (Sigit Purwanto, Sunarso dan Teguh Setyono). Asisten Administrasi Umum (Pudji Santosa, Tri Wintarti dan Wiyanto). Dinsos (Andika Krisnayana, Bambang Haryanto, Kurnia Listyarini). Bappeda Litbang (Heru Utomo, Frc Mei Kuswiyanto, Pontjo Mardijono). Berikut untuk Dinas Lingkungan Hidup (Susilo Sedyono, Setyo Susilo, Sri Wahyu Widayatto).

Mereka ini, merupakan 36 dari 48 nama pejabat yang lolos seleksi wawancara akhir. Seleksi wawancara akhir dilaksanakan Senin (20/5) sampai dengan Selasa (21/5). ”Hasilnya hari ini kami serahkan kepada Pak Bupati,” jelas Ketua Pansel Anwar Hamdani. Selanjutnya, pemilihan masing-masing satu nama untuk pengisian 12 kandidat pimpinan OPD tersebut, itu sepenuhnya merupakan hak prerogatif Bupati selaku user dan sekaligus sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Setelah sebelumnya, Bupati mengajukan nama-nama kandidat tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Anwar Hamdani, menjelaskan, Pansel telah bekerja profesional dan prosedural, tanpa ada intervensi dari mana pun termasuk dari Kepala Daerah.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo, menyatakan, untuk pelantikannya masih menunggu satu tahapan lagi, yakni menunggu rekomendasi dari KASN. Bupati menegaskan, tidak ada transaksional dalam memilih dan menetapkan kandidat pimpinan OPD. Kecuali aspek profesionalitas dan kecerdasan akademis, Bupati juga akan mempertimbangkan tentang hal yang menyangkut dengan wawasan kebangsaan dan kepemilikan jiwa nasionalisme dari masing-masing kandidat.(suarabaru.id/bp)