Bagikan

SEMARANG – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) merupakan salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia dengan pengalaman pendidikan 56 tahun. Hingga Wisuda ke 77  tanggal 26-27 April 2019 Fakultas Kedokteran Unissula telah meluluskan sebanyak 6.098 sarjana Kedokteran dan sarjana Farmasi, meluluskan sebanyak 4.957 dokter yang telah mengabdi di berbagai instansi Negeri dan Swasta, TNI Maupun Polri.

Fakultas Kedokteran Unissula memiliki berbagai prodi unggulaan antara lain prodi Kedokteran Umum (S1) yang terakreditasi A berdasarkan SK LAM PT Kes No 0168/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2019 yang diterima langsung oleh Dekan Dr dr Setyo Trisnadi Sp KF SH di kantor LAM PT Kes Jakarta. Memiliki prodi S1 Farmasi yang terakreditasi B, Prodi S2 Biomedik yang terakreditasi B. Fakultas Kedokteran Unissula juga memiliki prodi S1 Kebidanan yang telah menerima mahasiswa baru mulai tahun akademik 2018-2019.

 

Fakultas Kedokteran Unissula memiliki berbagai keunggulan antara lain sistem pembelajaran modern menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang dikemas dalam bentuk PBL “Problem Based Learning’ melalui kegiatan tutorial dan ditunjang dengan kegiatan perkuliahan, praktikum dan peningkatan skill.

Kegiatan pembelajaran di lingkungan prodi sarjana kedokteran dapat ditempuh dalam 3,5 tahun dengan mata kuliah wajib dalam bentuk modul maupun non modul seperti bahasa Inggris, Agama Islam, Kewirausahaan, dan Karya Tulis Ilmiah.

Pembelajaran dengan sistem SGD (Small Group Discussion) dan FGD (Focus Group Discussion), Memiliki Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama yang telah terakreditasi paripurna. Pengelolaan dengan manajemen berbasis ISO, menggunakan proses pembelajaran dan kurikulum mengikuti aturan dari Pemerintah, memiliki desa binaan untuk program pendidikan profesi. Disamping itu setiap tahunnya para mahasiswa Kedokteran Unissula dapat mengikuti Ko Ass diberbagai universitas di Jepang dan Korea Selatan. Mahasiswa Kedokteran Unissula setiap tahunnya juga berpartisipasi aktif dalam konferensi maupun pertemuan internasional  membahas isu kesehatan dan lingkungan.

Fakultas Kedokteran memiliki enam area penelitian unggulan, di antaranya Cancer therapy, Stem cell,  Epidemiologi, Tropical disease, Complementary alternative therapy, Aging. Medical education dan kegiatan penelitian ditunjang dengan fasilitas yang sangat memadai.

Fakultas Kedokteran memiliki fasilitas fasilitas unggulan antara lain memiliki tiga gedung utama masing-masing tiga lantai dan gedung laboratorium central modern 8 lantai yang siap menjadi tempat terbaik untuk mencetak dokter, dan tenaga kesehatan lainnya.

Memiliki ruang kelas yang representatif dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang yang lengkap (LCD, AC, dll). Memiliki berbagai laboratorium sebagai sarana pendidikan, seperti laboratorium Mikrobiologi, Parasitologi, Biologi, Anatomi, Patologi Klinik, Laboratorium Fisika, Laboratorium Histologi, Fisiologi, Biokimia, Farmakologi, Patologi Anatomi, dan laboratorium Kimia. Memiliki jaringan networking dan memiliki access point yang terpasang di seluruh bagunan fakultas kedokteran, rumah sakit pendidikan utama dan di 13 rumah sakit jejaring. Jaringan internet tersebut digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk kegiatan belajar mengajar di kampus, rumah sakit utama dan di Rumah Sakit Jejaring.

Memiliki perpustakaan fakultas yang di dalamnya terdapat koleksi lebih dari 7000 buku teks kedokteran yang up to date dan dilengkapi dengan 154 CD pembelajaran serta beberapa koleksi jurnal nasional terakreditasi dan internasional.  Perpustakaan juga dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman sehingga sangat menunjang kegiatan belajar mandiri mahasiswa.

Memiliki kerjasama nasional dan internasional yang menunjang proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat antara lain dengan Myongji University, Naresuan University, Fez Uiversity, IIUM Malaysia, USIM Malaysia dll. Memiliki kerjasama dalam negeri antara lain dengan RS Islam Sultan Agung (Sebagai Rumah Sakit pendidikan utama), RSUD Kodya Semarang, RSUD Dr Adiyatma MPh, RST Bakti Wira Tamtama, Dinas Kesehatan Kota Semarang, RSUD Purwodadi, RSJ Magelang, RST Magelang, RSUD Demak, RSUD Kudus, RSUD Pati, RSUD Kendal, RSJD Surakarta dll.

Fakultas Kedokteran Unissula berkomitmen mendidik para mahasiswa menjadi lulusan yang kompeten sehingga mampu bersaing dengan semua lulusan baik di tingkat nasional maupun Asean bahkan Internasional. Mencetak dokter Islami sebagai generasi Khaira Ummah yang menjadi identitas perguruan tinggi berbasis Islam yang telah terakreditasi institusi A.

Mari persiapkan masa depan cerah  dengan bergabung di Fakultas Kedokteran Unissula, dengan klik www.pmb.unissula.ac.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here