Bagikan
Bupati beserta rombongan menuruni anak tangga usai mengunjungi Gua Macan dan Gua Lawa. Foto: Awi

GROBOGAN- Pariwisata Kabupaten Grobogan makin  menggeliat. Beberapa destinasi wisata yang dulunya kurang diperhatikan, kini satu per satu bangkit mengembalikan kejayaannya. Terlihat pada dua destinasi wisata alam yakni Gua Lawa dan Gua Macan.

Destinasi wisata ini sebelumnya kurang diminati wisatawan karena kondisinya yang memprihatinkan. Terlebih setelah beberapa waktu lalu booming karena beredarnya video porno yang berlatar belakang bagian dalam gua tersebut. Sejak itu, Gua Lawa dan Gua Macan terus dibenahi untuk mengembalikan sesuai fungsinya yakni sebagai salah satu tempat wisata di Kabupaten Grobogan. Kini, upaya pembenahan Gua tersebut sudah dapat dirasakan wisatawan. Yakni adanya penambahan interiornya.

Bupati Grobogan Sri Sumarni berkesempatan meninjau langsung tempat wisata yang berada di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan tersebut. Di sana, Sri Sumarni memuji perubahan yang terjadi di kedua tempat wisata ini. Yakni keindahan stalagtit dan stalagmite yang berpadu dengan lampu berwarna-warni.

“Tadi saya dan Pak Sekda serta beberapa OPD masuk ke dalam gua. Saya akui, interiornya sudah cantik dan tidak kalah dengan Gua Gong yang ada di Pacitan. Saya rasa, ini sudah patut untuk dijual,” katanya.

Namun, Sri Sumarni berharap jalanan menuju ke dalam gua masih licin sehingga perlu adanya tindak lanjut dari instansi terkait. Tak hanya itu, ia juga meminta kepada pengelola agar memperhatikan akses jalan yang sempit agar juga ditindaklanjuti.

“Akses menuju gua tadi ‘kan jalan desa, solusinya harus diajukan menjadi jalan kabupaten. Di samping itu, jalan dalam gua juga secepatnya harus diperbaiki karena licin. Kalau perlu ada pegangannya biar pengunjung tidak terpeleset,” harapnya.

Ibunda dari Indri Velawati ini juga meminta kepada pengelola untuk terus menggenjot pariwisata gua Macan dan Gua Lawa ini sebagai destinasi wisata di Kabupaten Grobogan dengan menghidupkan beragam even yang menarik wisatawan, baik dari dalam maupun luar Grobogan.

“Saya rasa pengelola harus menggandeng anak-anak muda. Ini’kan anak-anak muda yang bisa diajak kerja sama. Mereka kita ajak duduk bersama untuk meramaikan Gua Lawa dan Gua Macan ini. Kalau ramai, warga sekitar juga bisa jualan apa saja di sekitar tempat wisata ini. Dengan begitu, ekonomi mereka juga akan ikut terangkat,” pesannya.

Terpisah, Camat Grobogan Nur Nawanta menanggapi positif kunjungan bupati beserta rombongannya ke Gua Macan dan Gua Lawa ini. Terutama pada rencana Pemkab untuk memperbaiki jalan akses ke lokasi wisata tersebut dan mengubah status jalan desa ke jalan kabupaten.

“Warga desa akan merasa senang dengan adanya rencana perbaikan akses ke Gua Lawa ini sebab sebelumnya jalan tersebut merupakan jalan desa akan dialihkan menjadi jalan kabupaten. Apalagi wisata pendukung juga sudah siap seperti agrowisata dan air terjun Gulingan,” kata Nur Nawanta.

suarabaru.id/Awi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here