blank
Para mahasiswa Unissula mendengarkan paparan pakar MRT Jakarta.(Foto: dok)

SEMARANG – Fakultas Teknik Unissula mengadakan seminar pakar dengan narasumber Rudyatmoko Gondo Suryono ST MT dari PT MRT Jakarta yang dilangsungkan di ruang seminar Fakultas Teknik kampus Kaligawe (9/5/2018).

Rudyatmoko mengawali seminar pakar ini dengan memperkenalkan proyek MRT Jakarta yang sedang dilaksanakannya. MRT Jakarta dibangun untuk menekan angka kemacetan dan meningkatkan angka produktifitas masyarakat.

Moda transportasi ini sangat ideal untuk Jakarta sebagai ibu kota negara yang sangat kompleks dengan kemacetan, kesibukan masyarakat dan lain sebagainya.

MRT Jakarta juga menjadi moda transportasi darat yang pertama di Indonesia. Ini akan menjadi loncatan yang sangat signifikan dalam dunia transportasi Indonesia.

Selanjutnya Rudyatmoko menjelaskan secara teknis bagaimana MRT Jakarta dibuat. MRT yang dibangun di bawah jalan raya yang sudah ada dan bagaimana cara teknis pembangunannya menjadi perhatian khusus para mahasiswa dalam memahami hal ini.

Lorong MRT Jakarta dibangun dengan menggunakan alat dan sistem yang sangat canggih. Dengan memanfaatkan alat tunnel boring machine (TBM) dalam pengerjaannya.

Mata bor ini bisa mengeluarkan air agar tanah menjadi lunak. Cutter heat TBM yang berada di bagian depan ini bisa berputar secara simultan dan akan menggerus tanah secara berlahan.

Tanah hasil bor akan ditampung di bagian mixing chamber lalu diangkut menggunakan screw conveyor dan diteruskan ke belt conveyor.

Dari belt conveyor tanah hasil pengerusan diangkut ke workshop menggunakan kereta-kereta kecil. Alat ini juga bisa memasang segmen beton untuk menyangga terowongan yang telah dibuatnya.

Selain teknis pengerjaan mahasiswa mendapatkan wawasan bahwa proyek jenis ini menggunakan jenis kontrak internasional.

Dari bekal seminar ini harapannya mahasiswa Fakultas Teknik Unissula mendapatkan manfaat dan ilmu yang memberikan manfaat dikemudian harinya.(SMNet.com)