Bagikan
Wakil Ketua PWI Kota Magelang Joko Suroso menyampaikan materi pada workshop jurnalistik LPM Mata Untidar, SMNet/dh

 

MAGELANG- PWI Kota Magelang memberi pelatihan jurnalistik kepada  40 mahasiswa Universitas Tidar Magelang. Workshop jurnalistik tersebut merupakan kerja sama PWI dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Mata, Untidar. Materi yang diberikan antara lain penulisan opini, feature, liputan mendalam, fotografi dan periklanan.

Pengurus LPM Mata Untidar, Filla Adyarti menerangkan, lembaga pers hahasiswa selama ini terlibat langsung dengan aktivitas tulis menulis.  Karena itu, wartawan diharapkan bisa membagi ilmunya ke para mahasiswa.

Dia menuturkan, diselenggarakannya pelatihan ini bertujuan untuk membekali mereka dalam pembuatan produk jurnalistik. Penulisan mereka selama ini tidak jauh dari straight news. Padahal, jurnalistik itu luas tidak hanya mengenai straight news. ‘’Workshop ini sebagai batu loncatan mereka untuk membuka wawasan lebih luas lagi mengenai kejurnalistikan,’’ ungkapnya, kemarin.

Bidang Pendidikan PWI Kota Magelang Asef Farid Amani menjelaskan, PWI memiliki beberapa program kerja. Pelatihan jurnalistik merupakan salah satu program dibawah naungan bidang pendidikan. ‘’Sasarannya tidak hanya para mahasiswa, tetapi juga para siswa,’’ ujarnya.

Sebelum memberi  materi  jurnalistik kepada para mahasiswa Untidar, PWI juga sudah melakukan hal serupa kepada siswa SMK Muhammadiyah Bandongan. Pendampingan jurnalistik ini diberikan kepada siapa saja yang mau belajar menulis. ‘’Sekolah jurnalistik kami terbuka dengan siapapun yang mau belajar,’’ tuturnya.

Dia berharap, pihak-pihak lain juga bisa bersama-sama memajukan budaya literasi di Magelang. Salah satu caranya dengan mengedepankan budaya menulis yang baik.  ‘’Melalui menulis, budaya literasi bisa ditumbuhkembangkan secara bersama,’’ terangnya.  (SMNet/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here