Adun Rusmawan dari Subbagian Pembayaran dan Pembukuan Pada Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden mewakili Sekretariat Presiden bersama  Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo tengah menunjukan berita acara penyerahan dua sapi  bantuan presiden dalam acara di Kantor Walikota setempat, Kamis (23/7). Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Surakarta memperoleh  bantuan dua ekor sapi bantuan presiden  dari Kementrian Sekretariat Negara, Sekretariat Presiden Republik Indonesia. Penyerahan bantuan secara simbolis hewan untuk Idul Adha di Masjid Agung Surakarta dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran.

Hewan kurban itu diserahkan oleh Adun Rusmawan dari Subbagian Pembayaran dan Pembukuan Pada Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden mewakili Sekretariat Presiden kepada Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Walikota dr. H. Ahmad Purnomo, Apt  dan Sekretaris Daerah Ir. Ahyani di Ruang Rapat Kantor Walikota, Kamis (23/7).

Adun Rusmawan dalam kata penyerahannya mengatakan,  Sekretariat Presiden menyerahkan dua ekor sapi untuk pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H di Kota Surakarta. Dan mudah – mudahan dapat membantu penyerahan daging kurban pada masyarakat di Kota Solo, terangnya.

Sementara itu Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dalam sambutan balasannya mengatakan, Pemerintah Kota Surakarta menyampaikan banyak terima kasih semoga bantuan dua ekor sapi untuk Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran  bisa bermanfaat dalam perayaan Idul Adha pada 31 Juli mendatang. “Dan sampaikan salam hormat kami, saya beserta pak wakil pada Bapak Presiden,” kata Rudy.

Pada kesempatan berbeda dari Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Surakarta,  Bambang Harjanto diperoleh keterangan  dua ekor sapi bantuan presiden diperuntukkan  bagi Masjid Agung Surakarta dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran.

Sapi untuk  Masjid Agung Surakarta berjenis Limosin berumur empat tahun tiga bulan dengan berat 1.030 kg. Saat ini hewan dimaksud masih berada di kandang di Dusun Glondongan Desa  Mranggen Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

Sapi untuk Masjid Al Wustho Mangkunegaran berjenis  Limosin berusia diatas tiga tahun dengan berat 930 kg. Hewan bersangkutan berada di kandang di  Dusun Soko, Desa Tegal Ombo, Kecamatan Kalijambe Sragen.

Bagus Adji-trs