blank
Tim PKM dosen Prodi Pariwisata USM, saat memberikan pelatihan peningkatan keterampilan komunikasi dan motivasi, bagi karyawan tempat wisata Cimory, Bawen, Kabupaten Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Prodi Pariwisata Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan peningkatan keterampilan komunikasi dan motivasi efektif, untuk meningkatkan pelayanan. Kegiatan itu dilakukan di ruang rapat Resto Dairyland on the Valley, baru-baru ini.

Salam kegiatan yang diikuti 25 karyawan Dairyland on the Valley, Cimory, Bawen, Kabupaten Semarang itu, tim PKM USM terdiri dari Ketua Herman Novry Kristiansen Paninggiran SE MM Par, anggota Almas Nabili Imanina S Tr Par MM Par, Faisal Yusuf BA MM MBA. Mereka dibantu dua mahasiswa jurusan Pariwisata, Ibnu Dwi Setioko dan Ulfa Lutviana.

Dalam keterangannya, Herman mengatakan, pelatihan itu sangat dibutuhkan, karena banyak karyawan yang tidak bertahan lama menekuni pekerjaannya. Selain itu, memberikan tambahan pemahaman tentang motivasi kerja dan komunikasi dengan wisatawan, guna meningkatkan pelayanan.

BACA JUGA: USM Raih Enam Emas di Kejuaraan Taekwondo Indonesia Super Fight

”Kami berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi karyawan Dairyland on the Valley, terutama bagi karyawan baru dalam memberikan pelayanan yang prima serta menumbuhkan motivasi dan loyalitas kerja,” ujarnya.

Menurutnya, komunikasi yang baik juga dapat menumbuhkan minat kerja dan profesionalitas dalam pekerjaan, maupun dalam kehidupan sehari hari.

Faktor yang mempengaruhi motivasi kerja antara lain, tujuan karyawan bekerja, rasa pencapaian selama bekerja, dan pengakuan terhadap hasil kerja. Hal lainnya, adanya budaya perusahaan yang mendukung karyawan, dan hubungan dengan rekan kerja.

”Salah satu fungsi komunikasi di lingkungan kerja, antara lain bisa meningkatkan keterampilan karyawan untuk mendukung koordinasi kerja, dan membantu karyawan memahami pentingnya komunikasi dalam mencapai tujuan bersama,” ungkapnya.

Riyan