blank
Petugas kepolisian melakukan olah TKP di lokasi kebakaran kandang sapi di Dusun Jangkung, Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Sabtu 19 Oktober 2024. Foto: Dok Polsek Tawangharjo

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Kandang sapi milik warga di Dusun Jangkung RT 03, RW 10 Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah terbakar Sabtu dini hari 19 Oktober 2024.

Menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Tawangharjo AKP Umbarwati, warga berhasil menyelamatkan sapi milik korban dari kebakaran di kandang sapi milik seorang petani Suyatno (74) warga Dusun Jangkung, Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo.

Kebakaran kandang sapi kali pertama diketahui oleh pemiliknya Suyatno antara pukul 00.15 WIB. Korban yang tengah berada di dalam rumah mendengar suara seperti kayu terbakar dari depan samping.

Suyatno yang penasaran kemudian keluar rumah namun saat berada di sisi timur rumahnya, korban melihat bagian depan kandang sapi miliknya terbakar. Korban spontan berteriak kebakaran melihat kejadian itu dan meminta tolong warga.

Mendengar teriakan ini, tetangga korban Purwanto dan Feri Yunianto bersama warga lainnya berdatangan ke lokasi. Warga dengan peralatan seadanya kemudian berupaya memadamkan api dengan peralatan seadaanya.

Namun api dengan cepat membakar kandang sapi milik korban. “Dua ekor kambing mati dalam kejadian ini, tetapi sapi korban bisa diselamatkan warga,” ujar Kapolsek Tawangharjo.

Api Bediang

Petugas damkar dan warga berhasil memadamkan api tak lama kemudian. Hasil pemeriksaan di lokasi oleh petugas, diduga kebakaran disebabkan api bediang yang dibuat sejak sore hari.

“Api bediang diduga yang menyambar dinding kandang sapi. Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekira Rp30 juta,” katanya. Kapolsek Tawangharjo dengan adanya kejadian itu mengimbau kepada masyarakat untuk waspada kebakaran. Jika membuat api bediang pastikan aman sehingga tidak terjadi kebakaran.

Tya Wiedya