blank
Poster Film Horor Ivana. Foto: Instagram @danurmovie

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Satu lagi film horror produksi dalam negeri hadir untuk masyarakat, khususnya pecinta film di Indonesia. Sebuah film horor besutan MD Pictures yang berjudul Ivanna telah diputar di sejumlah bioskop tanah air.

Dilansir dari Suara.com, film ini merupakan sekuel atau lanjutan dari film horor Danur yang juga booming beberapa tahun lalu. Film Ivanna diangkat dari sebuah novel karya Rissa Saraswati, dengan judul yang sama.

Manoj Punjabi selaku CEO dari MD Entertainment mengungkapkan, sejak tayang di bioskop pada 14 Juli 2022, dalam tiga hari, film Ivanna sudah ditonton lebih dari 500 ribu orang.

Baca Juga: Sinopsis ‘Alienoid’, Film Perjalanan Waktu yang Bertabur Pesohor Korea Selatan

“TEMBUS 500.000++ PENONTON YANG DITEROR IVANNA DI BIOSKOP!! Terima kasih antusias kalian untuk melihat IVANNA yang kembali membawa dendamnya. Bagi yang belum nonton, beli tiketnya SEKARANG!” tulis Manoj di akun Instagram @manojpunjabimd.

Agar tidak penasaran, simak fakta film Ivanna berikut ini.

1. Penulis novel Ivanna akrab dengan alam gaib

Film Ivanna merupakan adaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama. Penulis Novel tersebut, Risa Saraswati merupakan seseorang yang akrab dengan alam gaib. Ia disebut-sebut bisa meilhat dan berkomunikasi dengan makluk-mahluk tak kasat mata.

Baca Juga: Film Terbaru Winnie the Pooh: Blood and Honey Hadir Dalam Genre Horor

Hal inilah yang membuah nuansa horror semakin kental dalam film Ivanna. Kini, film Ivanna telah tayang di bioskop sejak 14 Juli 2022.

2. Ivanna merupakan gadis cantik asal Belanda

Menurut versi novel, hantu Ivanna adalah perempuan berparas cantik yang berasal dari Belanda dengan nama lengkap Ivanna Van Dijk. Semasa hidupnya, Ivanna dikenal sebagai orang yang selalu berbuat baik, terutama pada orang-orang pribumi.

3. Spin-off dari film Danur

Film horror Ivanna masih terkait dengan film horror Indonesia lainnya. yakni Danur, yang tayang beberapa tahun lalu. Film Ivanna merupakan sempalan atau spin off dari film Danur 2: Maddah sebagai bagian dari semesta Danur.

Pada 2018 lalu, Danur juga telah merilis sebuah film horror yang berjudul Asih. Film tersebut kemudian dibuat sekuelnya pada 2022.

Baca Juga: Spin-off Danur, Film Horor Ivana akan Tayang 14 Juli Mendatang Simak Sinosisnya

4. Disutradarai oleh Kimo Stamboel

Kimo Stamboel dikenal sebagai sutradara yang kerap film-film yang bergenre gore atau thriller.

Karena itulah, hadirnya Kimo Stamboel sebagai sutradara Ivanna, semakin membuat banyak orang yang penasaran dengan hasil karyanya.

Sementara itu, Manoj Punjabi yang menjadi Produser MD Pictures mengatakan, awalnya ia amat sulit untuk membujuk Kimo untuk menggarap film Ivanna.

Baca Juga: ‘The Batman’ Sukses, Spin-Off Serial ‘The Penguin’ Bakal Digarap

5. Film Ivanna habiskan dana fantastis

Saat ditemui belum lama ini di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Manoj membocorkan biaya produksi film Ivanna.

Menurut Manoj, biayanya hampir sama dengan pembuatan Film KKN di Desa Penari, sekitar Rp12 miliar. dan angka tersebut belum termasuk biaya promosi.

“Ya hampir sama dari KKN budgetnya. Tapi kan gini, KKN kan di hutan, jadi production value-nya lebih tinggi, ini setting rumah lho, satu lokasi sangat tinggi, itu kan semakin lokasi berkurang harusnya tidak setinggi itu,” kata Manoj.

Claudia