Petugas Satlantas Polres Grobogan memeriksa bus yang dipergunakan untuk studi tour. Foto: Sat Lantas Polres Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID)  –Sat Lantas Polres Grobogan melakukan ramp check (pemeriksaan administrasi atau surat menyurat kendaraan dan pemeriksaan teknis seperti lampu, wiper, ban, transmisi, dan peralatan lainnya) terhadap bus yang akan digunakan untuk studi tour.

Bus yang diperiksa itu akan digunakan study tour pelajar SMPN 3 Purwodadi. Menurut Kasatlantas AKP Tejo Suwono, melalui Kanit Kamsel Ipda Teddy Hernomo, ramp check ini bertujuan untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan lalu lintas, serta dapat mengurangi korban fatalitas.

Selain melakukan ramp check, kegiatan juga diisi dengan sosialisasi tertib berlalu lintas. Ipda Teddy Hernomo yang melakukan pengecekan tersebut menjelaskan dengan kesadaran para pengemudi di jalan, maka akan dapat membawa keselamatan.

“Kecelakaan lalu lintas dapat dicegah dengan pemahaman yang baik tentang keselamatan berkendara. Kami berharap rump check dan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi para pengemudi bus,” ujar Ipda Teddy.

Pemeriksaan kondisi bus dilakukan menyeluruh, seperti sistem rem, lampu dan perlengkapan keselamatan. Di samping itu, para petugas kepolisian dari Sat Lantas Polres Grobogan memberikan penjelasan mengenai pentingnya perawatan kendaraan untuk memastikan keamanan saat berkendara.