Tim Bulu Tangkis USM berfoto bersama usai tampil sebagai Juara Umum di even Kejuaraan Nasional Bulu Tangkis UGM Cup 2024. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM) keluar sebagai Juara Umum pada Kejuaraan Nasional Bulu Tangkis UGM Cup 2024, yang digelar di GOR Pancasila Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, baru-baru ini.

Hasil itu diraih para pemain USM, setelah meraih empat gelar, yakni Juara I Ganda Campuran (Jovika Vandaria Ester Matiho/Ivan Adi Cahyono), Juara I Ganda Putra (Angga Dian Saputra/Rizki Wahyu Bagus Setiawan), Juara II Ganda Putri (Meylisa Dwi Auliya/Jovika Vandaria Ester Matiho), dan Juara Beregu Sudirman.

Kejuaraan ini diikuti sekitar 500 atlet, dari berbagai universitas dan akademi. Untuk kelompok mahasiswa mempertandingkan enam kategori, yakni Beregu Campuran Sudirman, Tunggal Putra, Tunggal Putri, Ganda Putra dan Ganda Putri.

BACA JUGA: Pimpinan DPRD Kudus Definitif Belum Kunjung Terbentuk, Ada Apa?

”USM sendiri menurunkan 10 atlet, M Dzakhwan Hilmy, Ivan Adi Cahyono, Ferdian Alfajri Bediona, Jovika Vandaria Ester M, Angga Dian Saputra, Rizki Wahyu Bagus Setiawan, Reno Dwi Paringga, Meylisa Dwi Auliya, Inne Rahmatia Fauziyah, dan Desima Aqmar Syafarina,” kata Alfa Vivianita, pelatih Tim Bulu Tangkis USM.

Menurut dia, para atletnya ini dapat meningkatkan prestasinya melalui keikutsertaannya di beberapa kejuaraan. Dengan prestasi yang diraihnya ini, imbuhnya, dapat mengharumkan nama USM di tingkat Nasional.

Sementara itu, Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, memberikan apresiasinya atas hasil yang telah dicapai para mahasiswanya itu. Dia minta, para atletnya tetap semangat dan disiplin berlatih, agar bisa meraih hasil terbaik dalam setiap kejuaraan mendatang.

BACA JUGA: Lomba Natah dan Menggambar Wayang di Museum Wayang Indonesia

”Ini bukti nyata USM memasilitasi para atlet untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, dan dapat tetap melanjutkan prestasinya di tingkat mahasiswa,” terang Junaidi.

Ditambahkan dia, USM menjadi pilihan tepat bagi para siswa SMA/MA/SMK/Sederajat yang memiliki prestasi bulu tangkis. Sebab, USM tetap melakukan pembinaan bulu tangkis bagi mahasiswa.

”Kami menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi di bidang olahraga. Kami bangga atas prestasi yang diukir para mahasiswa USM. Semoga prestasi yang bagus ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya,” ungkapnya.

Riyan