Tiga mahasiswa Teknik Elektro USM, berfoto bersama mobil gokart listrik buatannya. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mobil gokart listrik hasil riset mahasiswa Teknik Elektro Universitas Semarang (USM), mendapat pujian dari Ketua Pusat Riset Transportasi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Dr Eng Aam Muharam ST MT.

Dia mengapresiasi penelitian mahasiswa USM itu, saat meninjau langsung mobil gokart yang melakukan uji coba di halaman kampus USM, belumlama ini. ”Untuk riset pertama mahasiswa, gokart listrik ini sudah bagus,” kata Dr Aam, setelah melakukan uji coba gokart listrik di parkiran mobil Menara USM.

Percobaan itu dilakukan, bersamaan dengan pengujian alat oleh Tim Penelitian Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM), kolaborasi antara USM dengan BRIN.

BACA JUGA: USM Juara Umum Kejuaraan Bulu Tangkis UGM Cup 2024

Dalam pengujian itu, dihadiri Ketua LPPM USM sekaligus Ketua Tim Peneliti Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT, anggota dari USM Dr Ari Endang Jayati ST MT dan Elfira Nureza Ardina ST MTr.

Hadir pula anggota penelitian dari BRIN, Dr Eko Syamsudin Hasrito MEng dan Siti Vivi Octaviany ST MT.

Dalam keterangannya, Prof Mudjiastuti mengatakan, gokart listrik dapat menempuh jarak hingga 80 kilometer, dengan kapasitas baterai 100 persen, dan waktu pengisian daya penuh selama dua jam.

BACA JUGA: Pimpinan DPRD Kudus Definitif Belum Kunjung Terbentuk, Ada Apa?

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan gokart listrik ini. Antara lain performa, pengendali (controller), komponen-komponen lain, dan sistem manajemen baterai.

”Gokart ini merupakan hasil penelitian mahasiswa Teknik Elektro, dan merupakan penelitian awal bagi USM, untuk ikut berpartisipasi dalam riset mobil listrik di Indonesia,” ungkap dia.

Riyan