Pj Bupati Kudus Hasan Chabibie bersama Ketua DPRD Kudus H Masan dan jajaran Wakil Ketua usai penandatanganan kesepakatan KUA PPAS RAPBD 2025. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – DPRD Kabupaten Kudus bersama Pemkab Kudus menyepakati Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2025.

Nota kesepakatan ini ditandatangani melalui Rapat Paripurna DPRD yang dihadiri langsung Pj Bupati Kudus, M Hasan Chabibie bersama jajaran Pemkab Kudus di ruang rapat paripurna, baru-baru ini.

Penandatangan nota kesepakatan KUA PPAS merupakab tahapan penting dalan proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2025.

Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Masan menyampaikan bahwa penyusunan KUA-PPAS tahun 2025 merupakan langkah penting untuk mengarahkan alokasi anggaran secara optimal.

Dalam proses perencanaan, menurut Masan, diperlukan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 untuk menjabarkan Rancangan Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024-2026.

“RKPD ini dijabarkan dalam KUA-PPAS tahun 2025 yang menjadi landasan penyusunan Rancangan APBD Kabupaten Kudus tahun 2025,” jelas Masan.

Penyusunan KUA dan PPAS dilakukan untuk memberikan arahan tentang prioritas pengalokasian anggaran. Diharapkan, melalui KUA PPAS yang sudah disepakati tersebut, penyusunan rencan kegiatan dalam RAPBD 2025 bisa terarah dan sesuai dengan arah pembangunan daerah.

“KUA dan PPAS 2025 ini akan menjadi pedoman untuk penyusunan prioritas dan plafon anggaran sementara, selanjutnya menjadi dasar dalam penyusunan Rancangan APBD tahun anggaran 2025,” tambahnya.

Lebih lanjut, kebijakan pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah juga dirancang secara sistematis dalam KUA-PPAS 2025. Kebijakan ini akan menjadi dasar dalam penyusunan Rancangan APBD yang akan diusulkan tahun depan.

Masan berharap kesepakatan ini dapat diterima semua pihak dan menjalin bekerja sama untuk memastikan alokasi anggaran supaya tepat sasaran.

Dalam rapat paripurna ini, semuanya sepakat untuk mendukung proses penyusunan anggaran supaya berjalan sesuai dengan rencana dan membawa manfaat maksimal bagi masyarakat Kudus.

Suasana Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan menyambut HUT RI ke-79. Foto:Ali Bustomi

Paripurna Istimewa

Selain berhasil menyepakati KUA PPAS RAPBD Tahung Anggaran 2025, DPRD Kudus juga menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka menyambut HUT RI ke-79, Jumat (16/8).

Paripurna istimewa tersebut merupakan konsensus yang digelar setiap tahun dan menjadi acara yang selalu dinantikan oleh banyak masyarakat.

Dalam paripurna tersebut, hadir secara langsung Ketua DPRD Kudus H Masan bersama Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibie, pejabat Forkopimda, pimpinan OPD serta seluruh anggota DPRD Kudus lainnya.

Setelah dibuka, anggota DPRD Kudus langsung menyaksikan layar besar yang menyiarkan rapat di DPR RI.Dalam siaran tersebut, beberapa mantan Presiden dan Wakil Presiden RI juga hadir.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan dilanjutkan sambutan Ketua DPR RI Puan Maharani

Ads-Ali Bustomi