Barisan peserta berbusana carnival pada karnaval tingkat RW di Jepara, 18 Agustus 2024. Foto: Hadepe

JEPARA(SUARABRU.ID) – Puluhan peserta berbusana carnival, menyusuri rute karnaval sejauh 3,5 kilometer di Jepara. Ogoh-ogoh serta kreasi maket berbagai bentuk dan ukuran, juga dibawa para peserta. Aksi teatrikal hingga gerak dan lagu yang mereka suguhkan di sepanjang jalan, disambut begitu meriah oleh para penonton.

Apa yang tersaji pada Minggu siang (18/8/2024) itu rupanya bukan karnaval tingkat provinsi, apalagi nasional. “Ini karnaval tingkat RW. Sudah belasan tahun warga menggelar event ini untuk memeriahkan HUT (hari ulang tahun) kemerdekaan RI,” kata Ketua RW 3 Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Sulismanto. Di wilayah itulah, karnaval tersebut digelar.

Sulismanto menyebut, Warga RW 3 Desa Suwawal sudah belasan tahun menggelar karnaval dalam rangka hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI. Namun dia mengaku sama sekali tidak menggerakkan warga.

“Semuanya muncul murni dari warga yang di-gula wenthah ketua RT, lalu mendapat dukungan tokoh agama dan tokoh masyarakat. PKK mendukung penuh. Event diorganisir pemuda tingkat RW yang mendampingi panitia lokal, yakni pemuda/pemudi tingkat RT yang menjadi tuan rumah secara bergiliran Terima kasih kepada semua,” kata Sulismanto.

Dari 9 RT yang ada di wilayah itu, tuan rumah bersama biasanya terdiri dari 2 atau 3 RT bersebelahan.

Meski menghabiskan biaya yang begitu besar, dari tahun ke tahun tidak ada sepeser pun dana bantuan yang mereka minta dari pemerintah. “Warga berswadaya sebagai bentuk rasa cinta tanah air, menghargai hasil perjuangan para pahlawan, dan didorong kesadaran mereka bahwa beban pemerintah dalam mencukupi keinginan pembangunan seluruh masyarakat sudah berat. Makanya warga mandiri, tidak merepotkan pemerintah dari tingkat mana pun,” katanya.

Dalam karnaval HUT ke-79 RI tahun ini, ada puluhan peserta berbusana carnival. Maket yang dibawa peserta di antaranya berbentuk burung merak, alat berat konstruksi jalan mesin penggilas, tank, pesawat, dan mesin chainsaw. Ada pula ogoh-ogoh.

Mereka dilepas Petinggi Arief Ma’sum bersama ketua RW. Pelepasan juga disaksikan anggota DPRD Kabupaten Jepara Khoirul Anam.

“Luar biasa semangat warga. Semoga ini menjadikan Desa Suwawal makin maju,” kata Arief Ma’sum saat melepas peserta.

Di sepanjang jalan, peserta menampilkan gerak dan lagu dengan puncak penampilan di tiga titik penilaian. Peserta gerak dan lagu menampilkan berbagai kreasi pakaian, termasuk berbahan ceting dan plastik bekas. Ada juga aksi teatrikal romusha dan berbagai kreasi lain yang disuguhkan.  

Hadepe