Indra Sjafri Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Timnas U19 Indonesia dan Timor Leste akan berjumpa di laga terakhir Grup A, usai keduanya menjalani tiga laga selama berlangsungnya turnamen ASEAN U19 Boys Championship 2024, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, mulai pukul 19.30 WIB. Di laga terakhirnya itu, Indonesia membidik rekor sempurna di pertandingan nanti.

Saat ini Indonesia sudah meraih dua kemenangan di laga sebelumnya. Filipina dipukul 6-0, dan menang 2-0 melawan Kamboja. Sedangkan Timor Leste menang melawan Kamboja dengan skor 3-2, kemudian di laga kedua mereka justru kalah 0-2 melawan Filipina.

Di Grup A, Indonesia masih memimpin dengan raihan enam poin, sedangkan Timor Leste membayangi di posisi kedua, dengan tiga poin. Nilai yang sama juga dikumpulkan Filipina, yang duduk di peringkat ketiga klasemen.

BACA JUGA: Jepara Miliki 7 Desa Tangguh Bencana

Tim tuan rumah tentu diunggulkan dalam laga nanti, karena mendapatkan dukungan dari suporternya sendiri. Di sisi lain, keunggulan rekor pertemuan antara keduanya masih dipegang Indonesia. Garuda Nusantara sepanjang bertemu dengan Timor Leste di ajang yang sama, selalu menang.

Kedua tim sudah dua kali bertemu ajang yang sama, pada 2013 dan 2019. Di dua pertemuan itu, Timnas U19 Indonesia selalu menang dan tidak pernah kebobolan.

Pertemuan pertama terjadi pada semifinal 2013. Ketika itu Indonesia menang 2-0 atas Timor Leste, lewat gol dari Ilham Udin Armaiyn dan Muhammad Hargianto.

BACA JUGA: Atlet Difabel Subkhan, Dilepas Pj Bupati Jepara Berlaga di Paralimpic Paris 2024

Pertemuan terakhir terjadi di babak grup, tahun 2019. Di laga itu Timnas menang besar 4-0 atas Timor Leste. Gol-gol dari David Maulana, Salman Alfarid, Beckham Putra dan Sutan Zico, memastikan kemenangan telak itu.

”Namun di sepak bola, apapun bisa saja terjadi. Timor Leste tentu tetap harus kita waspadai. Mereka memiliki pemain dengan bakat alam yang bagus,” kata Pelatih Timnas U19 Indonesia, Indra Sjafri, dalam keterangannya, Senin (22/7/2024), di Lapangan THOR, Surabaya.

Untuk itu, Indra menyiapkan dua pilihan permainan timnya untuk mengantisipasi permainan Timor Leste. Ada dua hal yang mungkin akan diantisipasi, dari kemungkinan-kemungkinan respon terhadap pertandingan lawan Timor Leste.

BACA JUGA: Sosialisasi Gerdal Hama Walang Sangit dan Kupu

”Apakah nanti dia melayani kita dengan pertandingan terbuka, karena dia perlu menang. Atau mereka realistis seperti Kamboja kemarin, melayani kita yang main deep defending. Hari ini, kita bikin respon dalam sesi latihan, agar tim ini bisa lebih mencair,” lanjut pelatih asal Sumatera Barat itu.

Pria berusia 61 tahun itu menambahkan, jika bermain menghadapi Timor Leste yang bermain tertutup dengan pertahanan rapat, dia menegaskan anak-anaknya untuk tidak takut.

Indonesia sejatinya hanya butuh hasil imbang demi lolos ke semifinal. Namun Garuda Nusantara tetap mengincar kemenangan, sebagai bekal menjadi kampiun di kejuaraan tahun ini.

BACA JUGA: Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Ajak Siswa SMP di Pemalang Menulis Geguritan

”Untuk itu kita evaluasi lini pertahanannya, jangan ada kebobolan. Untuk serangan juga kita harus banyak cetak gol. Harus bisa cetak gol,” imbuh Indra.

Selain Timnas Indonesia vs Timor Leste, di jam yang sama juga digelar laga antara Kamboja lawan Filipina, di Stadion Gelora 10 November.

Riyan