Para petani di Kelurahan Gemawang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, diberikan bimbingan teknis pemberantasan hama melalui Gerdal hama Walang Sangit dan hama Kupu.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Jaka dari Koramil-18 Girimarto Kodim 0728 Wonogiri, Selasa (23/7/24), tampil memberikan pendampingan dalam sosialisasi Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama Walang Sangit dan hama Kupu.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, kegiatan Gerdal hama Walang Sangit dan hama Kupu tersebut, diberikan oleh Petugas Pertanian kepada para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) di Kelurahan Gemawang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Itu dilakukan secara bersama dan bergotong-royong dengan anggota Kelompok Tani Sidoluhur-7.

Sertu Jaka, menjelaskan, kehadirannya dalam melakukan pendampingan petani di wilayah binaannya tersebut, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa. Utamanya dalam tugas mendukung terciptanya ketahanan pangan daerah maupun nasional.

Disebutkan, memasuki musim tanam sekarang ini, banyak hal yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan hasil produksi di tingkat petani. Itu seperti halnya yang dilaksanakan dalam Gerdal pada hama Walang Sangit dan hama Kupu. Harapannya, bisa mencegah serta memberantas hama pada tanaman padi, sehingga bisa menekan kerugian bagi para petani.

Di kalangan petani, hama Walang Sangit dan hama Kupu,  merupakan jenis hama yang sulit untuk dimusnahkan, dan menjadi ancaman yang dapat menggagalkan panen. Melalui bimbingan teknis dari Petugas Pertanian dengan pendampingan Babinsa, para petani diharapkan mampu melakukan tindakan antisipasi, demi menyelamatkan panen padi yang ditanamnya. Tujuannya, agar tidak terjadi penurunan produksi secara drastis.(Bambang Pur)