Peserta tengah memaparkan karya ilmiah dalam National Paper Competition (20/6/2024). Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dipenuhi oleh antusiasme dan semangat dari para mahasiswa yang berlaga dalam National Paper Competition bertajuk “Sustainable Development Goals: A Holistic Approach to Global Prosperity and Well Being”, Kamis (20/6/2024).

Kompetisi yang melibatkan universitas-universitas ternama di Indonesia ini menjadi ajang bergengsi untuk mempresentasikan ide-ide brilian dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Peserta kompetisi yang diadakan Senat Mahasiswa Universitas (SMU) UKSW ini berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan UKSW. Kehadiran mereka di UKSW bukan hanya untuk bertanding, tetapi juga untuk berbagi pengetahuan dan solusi atas berbagai tantangan global yang dihadapi saat ini.

Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para peserta yang telah mengikuti proses seleksi hingga mencapai final kali ini.

“Selamat datang kepada peserta yang luar biasa dari kelima universitas. Kami berterima kasih atas partisipasi seluruh peserta,” tuturnya. Ia berharap agar kompetisi ini tidak hanya berakhir dengan penghargaan, tetapi dapat berlanjut dalam kolaborasi yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan masyarakat.

Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Ani Oktafiana menyampaikan apresiasinya kepada para peserta yang telah menyelesaikan kompetisi dengan baik dan membawa nama baik almamater. Ani menekankan pentingnya kompetisi ini dalam mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa yang dapat dipublikasikan dan dimanfaatkan oleh mahasiswa lain maupun masyarakat umum.

“Nantinya, seluruh karya akan dijadikan satu proceeding yang terdaftar di Perpusnas dengan ISBN, berskala nasional,” jelas mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi UKSW ini.