Pelepasan 123 atlet berbagai Cabor, berikut 43 pelatih digelaran Popda  Jawa Tengah 2024. Senin, 17 Juni 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora
𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Bupati Blora  melepas 123 atlet berbagai Cabang Olahraga (Cabor), berikut 43 official atau pelatih yang akan bertarung digelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah 2024 pada Senin, 17 Juni 2024, di Semarang 20 Juni hingga 27 Juni 2024.

Pelepasan berlangsung di pendapa rumah dinas Bupati Blora, ditandai dengan penyerahan jaket dan id card secara simbolis oleh Bupati Blora kepada sejumlah atlet dan pelatih.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Iwan Setiyarso mengatakan bahwa Popda Tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dilaksanakan dua tahap.

Tahap Pertama, 20 Juni sampai 23 Juni 2024 yang akan mempertandingkan 10 Cabor.

“Di antaranya Bulu Tangkis, Menembak, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Senam, Taekwondo, Tenis meja, Tinju dan Sepak Takraw,” jelas Iwan Setiyarso kepada suarabaru.id Kamis, (21/6/2024).

Sedangkan untuk tahap dua, lanjut Iwan Setiyarso, dilaksanakan pada 24 hingga 27 Juni 2024, yang akan mempertandingkan 9 Cabang Olahraga.

“Masing-masing  Angkat Besi, Atletik, Bola Voli Pasir, Dayung, Gulat, Judo, Renang, Tenis Lapangan dan Wushu,” ungkap  Iwan Setiyarso.

Menurut Iwan Setiyarso, dari 26 cabang olahraga yang dipertandingkan, Kabupaten Blora mengikuti 19 cabang olahraga, Hal itu disebabkan ada beberapa cabor yang belum punya induk organisasi dan atlet.

“Jadi, ada beberapa cabor yang sudah ada induk organisasi, tapi tak punya atlet, sebaliknya belum ada induk organisasi tapi punya atlet.

Untuk cabor yang tak diikuti diantara, balap sepeda, kempo dan anggar.  Sedangkan sejumlah permainan yang dikualifikasi Karesidenan tidak lolos diantaranya, sepak bola, bola volly indoor, bola basket dan karate,” imbuh Iwan Setiyarso.

Saat pelepasan Atlet Popda 2024, Bupati Blora, H. Arief Rohman berharap pada gelaran Popda kali ini, para atlet Blora bisa berprestasi seperti tahun lalu,  dimana Kontingen Blora bisa masuk 5 besar.

Masuk Tiga Besar

”Minimal bisa mempertahankan gelar 5 besar, bahkan, semoga tahun ini bisa masuk 3 besar. Namun demikian saya berharap kepada seluruh cabor agar tidak berfokus pada ranking saja, melainkan bisa lebih fokus kepada capaian prestasi, sehingga dengan prestasi tersebut dapat memberikan kontribusi dan membawa harum nama Kabupaten Blora di tingkat provinsi maupun nasional,” pinta  Bupati Blora.

Dikemukakan, Popda merupakan ajang kompetisi yang diadakan setahun sekali. Bukan hanya tentang kompetisi, Popda juga mempunyai tujuan untuk menjaga kekompakan dalam kelompok.

Untuk itu pihaknya minta kepada semua atlet untuk saling support antar atlet semua cabor.  Saling memperkuat dengan memberikan motivasi dan dukungan.

“Kekompakan merupakan fondasi untuk meraih prestasi,” ujar Bupati Blora.

Kepada seluruh atlet, Bupati Blora minta, untuk tetap semangat, fokus, perkuat mental dalam bertanding, maksimalkan potensi yang ada, serta jangan minder melihat kemampuan orang lain.

“Buktikan bahwa atlet Blora bisa lebih unggul. Saya sangat yakin dan percaya bahwa atlet-atlet dari Blora merupakan putra-putri terbaik yang telah siap berkompetisi, sehingga di Popda kali ini bisa membawa prestasi yang lebih membanggakan lagi,” kata Bupati Blora.

Bupati Blora juga berpesan kepada para atlet agar kontingen Kabupaten Blora bisa menjaga nama baik Kabupaten Blora. Tidak hanya di arena pertandingan, tetapi juga dalam pergaulan dengan saudara-saudara sesama atlet se-Jawa Tengah.

”Bertandinglah dengan penuh semangat, Tetaplah rendah hati dalam kemenangan, dan lapang dada dalam kekalahan. Selalu panjatkan doa kepada Allah SWT,” pinta Bupati Blora.

“Saling mendukung dan memperkuat satu sama lain, karena yang terpenting dalam olahraga tidak hanya urusan keahlian, stamina,  kecepatan dan kekuatan, tetapi juga spirit yang menjadi obor semangat kebersamaan,” tandas Bupati Blora.

Untuk diketahui, gelaran Popda 2024, akan digelar dua tahap, yaitu tahap pertama, 20 hingga 23 Juni 2024 dan tahap kedua 24 hingga 27 Juni 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

Kudnadi Saputro