SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Rektor III Universitas Semarang (USM), Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, meskipun kampusnya tidak memiliki Fakultas Olahraga, tapi tetap membina banyak atlet. Itulah yang menjadi ciri khas USM, yang selalu berupaya untuk terus meningkatkan bidang akademik.

Hal itu seperti yang diungkapkannya, saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update dengan tema, ‘Mendorong Atlet Berprestasi’, yang dilakukan di Studio Radio USM Jaya, yang ada di Gedung N, USM, tengah pekan lalu.

Talkshow yang dipandu Penyiar Radio USM Jaya, Elsa Safira itu, juga menghadirkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, dan atlet bulu tangkis yang menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Ivan Adicahyono.

BACA JUGA: Kapolda Jateng Gelar Bakti Sosial Melalui Trabas Kamtibmas di Semarang

Junaidi menambahkan, dalam mendidik para atlet, USM telah memiliki fasilitas yang memadai, memberikan pendidikan, serta beasiswa kepada atlet yang berprestasi. Hal itu sudah menjadi bagian dari kolaborasi antara USM dengan KONI Kota Semarang.

Menurutnya, peran USM dalam mendorong maupun meningkatkan kemampuan atlet adalah, dengan memberikan pembinaan secara terus menerus, serta memiliki kebijakan teknis, dimana reward dan beasiswa akan diberikan, selagi atlet konsisten atas prestasinya.

”Kami punya kewajiban ketika mereka tidak dapat berprestasi, maka berpotensi pada reward dan beasiswa itu kita turunkan. Sehingga mereka akan memaksimalkan, bukan dalam rangka untuk menekan, tapi mendisiplinkan dan membina. Ketika berprestasi, kunci utama untuk masuk itu semua adalah disiplin. Itu prinsipnya dan regulasinya sudah lengkap,” ungkap dia.

BACA JUGA: Bukit Kunci Destinasi Pilihan untuk Swafoto Background Cakrawala di Blora

Selain itu, USM dilengkapi juga dengan fasilitas yang sangat memadai. Salah satunya Gedung Olahraga (Gelora), yang dapat digunakan para atlet untuk berlatih maupun bertanding.

”Konsepnya, kami tidak bisa berjalan sendiri, kami bekerja sama dengan semua pihak. Tapi saat ini yang bisa kami fasilitasi secara maksimal adalah, kami sudah memiliki Gelora dengan enam lapangan bulu tangkis. Kami juga punya GOR Basket. Kami menyampaikan kepada apa yang menjadi keinginan dari mahasiswa,” ujar Junaidi.

Dia menyebutkan, tidak sedikit pula prestasi dalam bidang olahraga yang telah dicapai para atlet mahasiswa USM. Salah satunya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tarung Derajat, yang baru-baru ini bertanding di Salatiga.

BACA JUGA: Kadin Kota Semarang Gelar Pameran Kuliner di CFD, Arnaz Kenalkan Peluang Bisnis Kuliner Pengganti Beras

”Kami juga punya UKM yang menjadi wadah bagi mahasiswa, untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Ada satu catatan yang menarik, kita punya UKM Tarung Derajat, Tarung Bebas, yang saya pikir baru kali ini ada UKM seperti itu di perguruan tinggi. Kemarin bertanding di Salatiga, dan banyak mendapatkan emas, perak, perunggu,” tambahnya.

Salah satu atlet berprestasi yang merupakan mahasiswa Ilkom USM, Ivan Adicahyono, mengaku mendapatkan dukungan dari USM, dalam mengikuti berbagai kejuaraan baik di tingkat Nasional maupun regional.

”USM sangat mendukung untuk mahasiswa dan atlet-atletnya dari segi fasilitas yang disediakan pihak kampus, dan mendukung kita untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan di tingkat Nasional maupun regional,” akunya.

BACA JUGA: Siap Kampanye, Bacabup Sragen Ajak Senam dan Luncurkan Jingle ‘Bestie Mbak Wina’ 

Dalam meraih prestasinya dan menjalankan pendidikannya di USM, Ivan selalu melakukan latihan di sela-sela jam kosong, pada jadwal kuliahnya. Pihak kampus juga sangat mengapresiasi mahasiswanya yang berprestasi.

”Saya juga melaporkan hasil juara, dan mendapatkan bonus dari USM. Untuk teman-teman terutama mahasiswa atlet USM, harus terus melakukan yang terbaik. Baik di perkuliahan maupun di latihan sampai pertandingan,” kata Ivan.

Riyan