Ilustrasi cegah jerawat. Foto: Dok/iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagaimana cara mencegah agar jerawat tak muncul lagi di wajah? Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah jerawat secara alami. Salah satunya adalah dengan menjaga kulit wajah tetap bersih.

Memiliki kulit wajah yang mulus, bersih, bebas jerawat dan sehat merupakan dambaan banyak orang, baik pria maupun wanita. Inilah mengapa banyak orang mencari cara agar tidak berjerawat dan cara mencegah jerawat, baik dengan bahan alami maupun cara medis.

Masalah kulit seperti jerawat kerap menjadi hal menjengkelkan bagi semua orang. Lantaran, jerawat dapat membuat wajah menjadi tidak mulus sekaligus berpotensi muncul kembali akibat beberapa faktor pemicu.

Dilansir dari Halodoc, ada beberapa perawatan wajah yang bisa kamu coba, agar jerawat tak muncul lagi.  Begini cara mencegah jerawat secara alami!

1. Jaga kulit wajah tetap bersih
Meski saat ini kamu tidak berjerawat, penting untuk mencuci muka dua kali sehari untuk jaga kulit wajah tetap bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak ekstra dari permukaan kulit.

Pastikan untuk menggunakan air hangat, tidak panas, dan pembersih wajah yang ringan agar hasilnya optimal. Selain itu, hindari menggosok kulit wajah terlalu kencang, saat membersihkannya, maupun saat mengeringkannya dengan handuk.

2. Cara mencegah jerawat dengan tidak menyentuh wajah dengan tangan
Cara agar tidak berjerawat yang kedua adalah hindari menyentuh wajah dengan tangan. Tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, menyentuh wajah dengan tangan kotor dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang.

Keduanya merupakan faktor pemicu timbulnya jerawat pada kulit. Selain itu, hindari memencet jerawat dengan jari. Sebab, kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut.