Ilustrasi cegah jerawat. Foto: Dok/iStock

3. Batasi waktu ketika beraktivitas di luar ruangan
Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan, dan dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi (perubahan warna gelap).

Selain itu, beberapa obat jerawat juga dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, batasi waktu kamu ketika sedang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Jika kamu ingin beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan kekuatan minimal SPF 50.

4. Cara mencegah jerawat dengan rutin berolahraga
Rutin berolahraga baik untuk keseluruhan tubuh, tanpa terkecuali kulit. Ini juga menjadi salah satu cara agar tidak berjerawat yang paling mudah untuk kamu lakukan.

Sebab, kamu tidak perlu melakukan olahraga fisik yang berat. Cukup luangkan waktu selama 30 menit setiap harinya dengan berjalan kaki, lari, atau bersepeda. Namun, pastikan untuk menghindari mengenakan pakaian yang dapat menyebabkan iritasi. Kemudian segeralah mandi setelah berolahraga.

5. Kelola stres dengan baik
Stres memang menjadi pemicu kuat dengan tumbuhnya jerawat. Bahkan, masalah kesehatan mental ini juga menjadi akar dari banyak sekali gangguan kesehatan.

Mengelola stres dengan baik juga menjadi cara agar tidak berjerawat lainnya yang sudah pasti harus kamu lakukan. Kamu bisa mengelolanya dengan melakukan beberapa kegiatan positif yang kamu sukai. Misalnya seperti melukis, bermain alat musik, atau liburan bersama teman-temanmu.

Ning S