blank
Prof Dr KH Noor Achmad MA (Ketua PP MAJT). Foto: dok/majt

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Panitia Ngabuburit Asyik dan Ramadan Fest 2024, Prof Dr KH Ahmad Izzuddin mengatakan, ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang ini.

Keikutsertaan ratusan pelajar tingkat SMP/MTs/SLTA/SMK/MA sederajat dan mahasiswa, dalam event yang digelar untuk kedua kalinya ini, mendapat banyak atensi. Terdapat tiga cabang kategori yang dilombakan, dalam kegiatan ini, yaitu Murottal, Dai Qu dan Musik Islami.

”Ada 604 peserta lebih yang telah mendaftar. Selanjutnya mereka diseleksi secara online, melalui mekanisme penjurian, hingga tersisih 150 peserta,” Prof Ahmad Izzuddin, dalam keterangannya di Semarang, Minggu (24/3/2024).

BACA JUGA: Meski Baru Berdiri, Ormas 234 SC Kota Tegal Bagikan 3.500 Paket Takjil

blank
Bertempat di Plaza MAJT, ratusan pelajar mengikuti kegiatan Ngabuburit Asyik dan Ramadan Fest 2024. Foto: dok/majt

Ditambahkan dia, dari 150 peserta itu, kemudian diseleksi lagi hingga tersisa 15 peserta dari seluruh Indonesia sebagai finalis, dari masing-masing cabang perlombaan.

Peserta yang masuk sebagai finalis, antara lain berasal dari Medan, Palangkaraya, Banyuwangi, serta beberapa daerah di Jateng. Beberapa di antaranya, Cilacap, Banjarngera, Wonosobo, kebumen, Kudus, Demak, Jepara, Kendal, Batang, Tegal dan Kota Semarang.

”Acara sudah dimulai sejak 14 Maret 2024 lalu. Final Ramadhan Fest dilaksanakan setiap sore selama 15 hari, dalam rangkaian acara Ngabuburit Asyik,” terangnya.

BACA JUGA: Renungkan Arti Kasih Pengorbanan dan Kebersamaan, UKSW Gelar Lomba Menghias Salib

Ketua PP MAJT, Prof Dr KH Noor Achmad MA sendiri mengaku kaget sekaligus bangga, melihat ratusan milenial hadir di Plaza MAJT, bergabung di acara ini. Mereka terlihat antusias berkegiatan meski sedang berpuasa.

”Saya juga menyaksikan penampilan peserta murotal, yang bacaannya indah dengan tajwid sempurna. Ini menunjukkan kesungguhan mereka dalam latihan. Tidak terkecuali yang tampil sebagai finalis Dai Qu, dan Musik Islami,” kata dia.

Menurutnya, semua kegiatan yang digelar ini sangat bagus. Event ini juga menjadi bukti sukses penyelenggaraan Festival Ramadan MAJT. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada TVKU dan segenap panitia yang telah bekerja keras.

BACA JUGA: Peringatan Paskah, Diawali dengan Ibadah Minggu Palma

blank
Salah seorang penampil dalam lomba Dai Qu, sedang unjuk aksi di depan para juri. Foto: dok/majt

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris MAJT, KH Muhyiddin, juga memberikan apreasiasi yang sama, atas terlaksananya acara ini. Menurut dia, suasana acara Ramadan di MAJT jadi semakin menarik, terutama karena adanya acara Ngabuburit Asyik.

”Lebih lengkap lagi dihadiri para yang mumpuni dan ahli, yang berasal dari lingkungan pendidikan. Selain itu juga, didukung para panitia yang prima,” ujarnya.

Dia menyampaikan, Pengelola MAJT mengajak masyarakat untuk mengamalkan hadits nabi, yaitu merayakan Ramadan dengan rasa bahagia, melalui amalan-amalan bernilai ubudiyah, edukatif dan menggembirakan.

BACA JUGA: Sebanyak 95 Persen Warga Jadi Anggota Perserikatan Muhammadiyah

Kegiatan Ngabuburit Asyik dan Final Ramadan Fest, dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB, di ruang utama shalat dan Plaza MAJT. Diawali penampilan finalis Ramadan Fest 2024, kemudian dilanjutkan dengan komentar juri, serta diisi dengan tausiah kajian jelang berbuka, dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Hadir dalam pembukaan acara itu, Wakil Rektor II Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Dr Guruh Fajar Shidik, Direktur Operasional TVKU Semarang Heri Pamungkas. Ada juga Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jateng Hery Nugroho, serta perwakilan Rohis dari SMA dan SMK se-Kota Semarang.

Riyan