blank
Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H terlihat menyerahkan ijazah salah seorang sarjana baru lulusan setempat pada Prosesi Wisuda Periode 3 Tahun 2024 di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Sabtu (23/3). Foto: HumasUNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda 580 sarjana baru dan 191 wisudawan di antaranya berpredikat cumlaude.

Wisuda Periode 3 Tahun 2024 terdapat 18 wisudawan Program Doktor, 106 lulusan Program Magister, tujuh wisudawan Program Pendidikan Dokter Spesialis, 407 wisudawan Program Sarjana, 10 wisudawan Program Diploma IV, dan 32 wisudawan Program Diploma III.

Prosesi wisuda dipimpin Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Sabtu (23/3).

Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. dalam sambutannya mengingatkan, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serta predikat cumlaude tidak menjadi penentu utama kesuksesan, melainkan karakter yang dimiliki para wisudawan.

Namun IPK tinggi termasuk gelar akademik dan predikat cumlaude sebagai ukuran kecerdasan intelektual yang dimiliki bukanlah jaminan bahwa pasti menjadi sukses.

blank
Suasana Prosesi Wisuda Periode 3 Tahun 2024 UNS yang mewisuda 580 sarjana baru dipimpin dipimpin Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Sabtu (23/3). Foto: HumasUNS

Kesuksesan saudara juga akan ditentukan bagaimana kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial yang membentuk karakter terbaik pada diri sendiri, yang akan menjadi jalan menuju kesuksesan. Yaitu bermanfaat bagi sesama dan negara.

Kepada wisudawan juga dipesankan agar menjadi sosok intelektual bagi bangsa dan negara demi terwujudnya cita-cita Indonesia Emas tahun 2045.

“Jadilah manusia tangguh dengan tidak mudah menyerah dan selalu menjadi pembelajar karena Bangsa ini sedang menunggu hadirnya sosok intelektual muda tangguh yang tidak biasa dalam bekerjanya”, tandasnya.

Dia juga mengingatkan para wisudawan untuk berterima kasih kepada setiap pihak, terutama kepada orang tua yang telah membantu dan mendoakan sehingga para wisudawan dapat lulus dan diwisuda hari ini.

Masih dalam kesempatan sama Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc,. Ph.D. mewakili Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS melaporkan, dari 580 wisudawan, terdapat 191 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

Para wisudawan dengan capaian luar biasa, di antaranya Ernawati Sri Sunarsih yang menjadi wisudawan tercepat Program Doktor dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Teknik Sipil dengan lama studi tiga tahun empat bulan.

Sedangkan wisudawan termuda Program Doktor diraih oleh Apri Pendri dari Prodi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia dengan usia 28 tahun 10 bulan.

Wisudawan tercepat Program Magister diraih oleh Muhammad Fahrezi Al Ghifari dari Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan lama studi satu tahun lima bulan.

Wisudawan termuda Program Magister diraih Dwi Wulandari dari Prodi S2 Akuntansi dengan usia 22 tahun 11 bulan.
Bagus Adji