blank
Anggota TNI AD dari Koramil-05 Kodim 0728 Wonogiri bersama aparat Polsek Baturetno, melakukan pengamanan jalannya Ibadah Minggu Palma di Gereja Santo Yusuf.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Paskah Tahun 2024 akan diperingati pada Hari Minggu (31/3) mendatang. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, Jumat Agung (29/3) dan Paskah, ditetapkan sebagai libur nasional.

Tema Paskah yang diusung oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Tahun 2024 adalah “Hidup sebagai alat kebenaran-Nya”. Tema ini, menyoroti bagaimana umat Kristiani harus hidup dan bertindak, setelah diselamatkan oleh Yesus melalui karya penebusannya.

Serangkaian ibadah Paskah dikenal sebagai Pekan Suci. Pertama, diawali ibadah Minggu Palma (24/3). Ini didasarkan pada peristiwa penyambutan Yesus di Yerusalem. Peringatan ini ditandai dengan perarakan menggunakan daun palma dan pembacaan Injil tentang kisah sengsara.

Kedua, Ibadah Kamis Putih (28/3), yang menjadi awal dari Tri Hari Suci yang merupakan peringatan perjamuan terakhir yang dilaksanakan oleh Yesus bersama 12 muridnya. Ketiga, Ibadah Jumat Agung (29/3). Yaitu peringatan untuk mengenang peristiwa Yesus wafat di kayu salib. Peringatan ini, diwarnai ibadah jalan salib dan upacara penghormatan sebagai pengingat Yesus rela mati untuk menebus dosa umat manusia.

Keempat, Malam Paskah (30/3) dilakukan dengan ibadah Sabtu Suci. Ini menjadi momen untuk memperingati kebangkitan Yesus setelah tiga hari wafat. Kelima, Ibadah Minggu Paskah (31/3) atau perayaan kebangkitan Yesus dan kemenangannya dari maut.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, ibadah Minggu Palma di Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, digelar Minggu (24/3) di Gereja Santo Yusuf, dengan mendapatkan pengamanan dari unsur TNI-Polri. Serma Slamet dari Koramil-05 Baturetno, tampil memimpin pengamanan bersama Kapolsek setempat, AKP Surono.
Bambang Pur