blank
Anggota Babinsa Serda Awaludin (berdiri menghadap lensa) dari Koramil-22 Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi nara sumber dalam pencegahan bullying.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Upaya mencegah bullying, penting dilakukan sejak usia dini. Ini dalam upaya mewujudkan proses belajar mengajar di sekolah, agar dapat berjalan aman, nyaman dan lancar.

Pengertian bullying adalah tindakan agresif yang dilakukan seseorang atau kelompok, untuk mengintimidasi orang lain yang dinilai lebih lemah. Perilaku penyimpangan sosial ini, dapat terjadi di mana saja. Yakni mulai dari lingkungan sekolah hingga lingkungan kerja.

Tindakan bullying dapat berupa kekerasan, mendorong, menendang, menjambak, memukul, mencakar, mencubit, memeras, mengunci seseorang dalam ruangan, hingga menghancurkan barang-barangnya.

Juga dapat berupa cara melihat secara sinis, menampilkan ekspresi merendahkan, mengancam, mengejek, menjulurkan lidah, sampai melakukan kekerasan fisik pada korban. Yang itu dapat berdampak fatal, terhadap kemunculan penderitaan psikis korban dalam tempo panjang.

Berkiatan itu, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Rohman, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, menggelar sosialisasi dan edukasi Stop Bullying. Menampilkan nara sumber prajurit TNI AD Serda Awaludin.

Aman Nyaman
Anggota Babinsa dari Koramil-22/Slogohimo Kodim 0728/Wonogiri ini, memberikan pengarahan dan pemahaman kepada para siswa, orang tua pelajar dan wali murid dari jenjang Kelas 3,4 dan 5. Ini dilakukan, sebagai bentuk kepedulian dan upaya dalam mencegah timbulnya perundungan serta kenakalan anak di sekolah.

Kata Serda Awaludin, sosialisasi bullying penting diberikan, agar dapat saling menghargai antarsesama teman, supaya saat mengikuti aktivitas belajar dapat berjalan dengan aman dan nyaman, serta terjauhkan dari tindak perundungan.

Sosialisasi pencegahan bullying di tingkat SD, menjadi salah satu upaya untuk menciptakan suasana kenyamanan dan ketenangan di sekolah. Tujuannnya, agar proses belajar mengajar para siswa dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Dengan sosialisasi dan edukasi ini, diharapkan dapat memberikan pengertian dan pemahaman serta pengalaman bagi para pelajar. Kata Serda Awaludin, upaya pencegahan bullying harus ditanamkan sejak dini.

Kepala SDIT Slogohimo, Widodo, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Babinsa Serda Awaludin dari Koramil Slogohimo, yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi bullying kepada anak didik, orang tua dan wali murid, Semoga ini menjadi tambahan bekal pengalaman bagi para orang tua, wali murid dan anak didik.
Bambang Pur