blank
UKSW gelar lomba menghias salib. Foto: Dok/UKSW (22/3/2024) 

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Di tengah semaraknya perayaan Paskah, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar kegiatan yang penuh makna dan keceriaan.

Campus Ministry mengadakan lomba menghias salib yang melibatkan para siswa mulai dari tingkat Kelompok Bermain, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Satya Wacana pada Jumat (22/3/2024).

Lomba ini tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sebuah momen bagi para siswa untuk mengekspresikan iman dan kekreatifitasan mereka dalam merayakan Paskah. Di Aula SD Kristen Satya Wacana, ratusan siswa berkumpul bersama dengan satu tujuan yang sama yaitu menciptakan salib yang indah dan bermakna dengan bahan-bahan bekas.

Para siswa tidak hanya menampilkan kreativitas mereka dalam menghias salib, tetapi juga menyampaikan makna yang dalam melalui karya mereka. Masing-masing salib mencerminkan cerita iman, harapan, dan kasih yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada umat manusia.

Salah satu contoh partisipasi yang luar biasa adalah karya Priscilla Renavita Hutagalung, yang menggunakan tutup botol dan tutup galon bekas untuk menciptakan sebuah salib indah. Tulisan “Mari bersukaria, Yesus Telah Bangkit” menjadi pesan Paskah yang disampaikan melalui karyanya.

“Senang sekali bisa ikut lomba bersama teman-teman,” ungkap siswi kelas tiga tersebut.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Halcyon Aksa Widiaji, siswa kelas dua. Ia bahkan menjelaskan makna simbolis yang terkandung dalam karyanya. “Aku menggunakan daun palem seperti saat Yesus dipuji-puji saat masuk ke Kota Yerusalem. Kemudian, aku menggunakan mahkota duri karena Yesus dipakaikan mahkota duri, dan ada warna ungu karena warna ungu artinya agung,” jelasnya.